4 Cara Ampuh Hindari Sembelit

Posted on

Masyarakat sangat mudah menyepelekan penyakit terlebih penyakit tersebut tidak menyebabkan kerugian yang terlalu signifikan. Salah satu penyakit yang diremehkan oleh masyarakat adalah sembelit. Sembelit atau konstipasi adalah gangguan pada sistem pencernaan manusia yang mengakibatkan kotoran menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Seseorang dikatakan sembelit jika tidak lagi mengeluarkan kotoran dengan rutin (setiap hari). Pada batasan tertentu seseorang dikatakan sembelit jika hanya membuang kotoran 3-4 kali dalam seminggu.

Sembelit merupakan GANGGUAN YANG BERBAHAYA jika tidak segera diobati karena sembelit dapat menyebabkan keracunan dan gangguan pada organ tubuh. Sayangnya sangat banyak orang menganggap remeh gangguan ini sehingga akibatnya gangguan yang pada awalnya hanya sembelit dapat menjalar menjadi kanker usus besar akibat kotoran yang menumpuk.

Pada umumnya setiap manusia harus membuang kotoran setiap hari karena setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang setelah proses penyerapan nutrisi akhirnya menjadi kotoran dan harus dibuang. Proses penyerapan nutrisi makanan pada tubuh dimulai di lambung dan dilanjutkan di usus kecil hingga pada akhirnya di usus besar yang menyerap air untuk kebutuhan manusia. Jika kotoran tidak segera dikeluarkan maka penyerapan air dapat berlebih dan menyebabkan sembelit.

Penyebab sembelit bukan berarti hanya sekedar itu saja namun juga berbagai faktor lain seperti :
1. Kurang serat
Kurangnya sayuran hijau yang mengandung serat dapat menyebabkan kotoran menjadi keras dan sulit untuk melewati usus besar sehingga kotoran menjadi sulit dan sakit saat proses buang air besar.

2. Kurang air minum
Minum sedikit air juga dapat menyebabkan sembelit, selain sembelit tubuh juga dapat menderita dehidrasi sehingga tubuh mengambil air dari kotoran yang akhirnya menyebabkan sembelit.

3. Kurang olahraga
Olahraga adalah cara yang baik untuk menghindari sembelit, sehingga ketika orang kurang berolahraga akhirnya sistem tubuh kurang lancar dalam membuang kotoran.

4. Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang olahraga, kurang tidur, dan makan tidak dijaga juga dpaat menjadi pemicu sembelit.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi daging
Daging bersifat panas, terlebih jika orang yang mengkonsumsi daging dan minyak yang juga bersifat panas. Akibatnya dapat menyebabkan tubuh terkena panas dalam dan sembelitpun dapat terjadi.

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Untuk menyeimbangkan konsumsi makanan yang tidak seimbang sebagai penyebab sembelit maka ada cara untuk mengatasi sembelit dan melancarkan buang kotoran yaitu :
1. Minum air putih cukup
Air putih yang cukup dapat menjauhkan tubuh dari semebelit, selain kotoran tidak keras air putih juga menetralisir racun yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Minum air putih banyak juga dapat membersihkan tubuh dari kotoran dan menyehatkan ginjal.

2. Gaya hidup sehat
Tidur cukup yaitu 7 jam sehari, makan makanan yang bergizi dan seimbang, olaharaga cukup adalah syarat mencapai hidup sehat. Di dalam tubuh yang sehat maka metabolisme dan pencernaan tubuh dapat berjalan dengan baik.

3. Perbanyak konsumsi serat
Serat yang dibutuhkan tubuh dapat ditemukan pada sayuran hijau dan buah buahan. Buah seperti pisang dan papaya dapat membantu mengatasi sembelit karena mengangung serta yang baik bagi tubuh dan melunakkan kotoran.

4. Hindari makanan olahan
Makanan olahan dalam kemasan baik dalam bentuk beku maupun makanan dalam kemasan adalah makanan yang kurang baik bagi tubuh. Begitu juga dengan fast food yang penuh lemak dan bersifat panas yang dapat memicu sembelit juga perlu untuk dihindari.