5 Cara Mudah Memperkuat Daya Ingat

Posted on

Memori atau ingatan manusia adalah sesuatu yang berharga di mana memori menyimpan semua pengalaman selama hidup baik itu pengalaman yang indah maupun buruk. Ingatan manusia tersebut digolongkan pada ingatan jangka panjang, sedangkan ingatan ada dua bentuk yaitu ingatan jarak pendek dan jangka panjang di mana pada ingatan jangka pendek digunakan untuk mengerjakan dan mengingat sesuatu yang berhubungan seperti aktifitas sehari hari. Ingatan ini lambat laun akan semakin melemah seiring dengan bertambahnya usia sehingga akibatnya manusia lanjut usia yang berumur lebih dari 60 tahun akan mulai kehilangan kekuatan memorinya.

Akibat dari melemahnya ingatan ini adalah pikun yaitu mudah lupa dan sulit ingat sehingga kehidupan sehari hari akan sangat merepotkan karena dapat memungkinkan untuk mengulang ulang pekerjaan yang sudah dilakukan bahkan lupa akan pertemuan penting.

Menghadapi lupa ingatan diperlukan latihan secara terus menerus agar daya ingatan tidak cepat melemah. Untuk memperkuat daya ingat harus dimulai sejak sedini mungkin karena melatih ingatan bukanlah melatih hal yang mudah dan cepat melainkan latihan yang menghabiskan waktu agar menjadi sebuah kebiasaan.

Dengan demikian maka otak akan terbiasa untuk melakukan “pekerjaan”nya secara teratur dan seimbang antara waktu dimana otak bekerja dan otak beristirahat agar performa otak tetap stabil dan tidak pikun lebih cepat.

Upaya untuk menjaga daya ingat lebih banyak berupa latihan seperti :
1. Memberi waktu jeda
Waktu jeda adalah istirahat bagi pikiran, contohnya ketika anda bekerja maka sisihkan waktu sejenak selama 10 hingga 15 menit setelah aktifitas berpikir yang melelahkan. Beristirahat dapat dilakukan dengan melakukan hal lain seperti refreshing atau sekedar berbincang agar tidak penat dengan beban pikiran.

2. Membaca buku
Membaca buku adalah kegiatan yang sangat baik bagi otak, selain menambah pengetahuan membaca buku secara teratur dapat menjaga daya ingat tetap kuat lewat imajinasi dari buku yang dibaca. Dengan membaca buku secara teratur serta menikmati membaca buku maka daya ingat dapat dijaga.

3. Mencatat notes
Notes kecil dapat digunakan sebagai pengingat atau untuk berperan sebagai rangkuman dari aktifitas yang harus dilakukan dalam satu pekan, dengan mencatat dan melihat notes dengan sering maka ingatan kita akan dirangsang agar selalu ingat dan tidak mudah lupa.

4. Membiasakan tidak berdiam diri
Berdiam diri akan mempercepat proses pikun, orang yang berdiam hari sehari hari memiliki resiko 2x lebih besar mengalami pikun secara dini. Usahakan untuk melakukan aktifitas semisal hobby atau kegiatan kecil yang tetap menjaga anda sibuk. Jika tidak ada kegiatan maka bersosialisasi dengan orang lain juga dapat tetap dapat menjaga diri anda tidak kosong.

Royale Jelly Liquid membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Info lebih lanjut silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Royale Jelly Liquid membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Info lebih lanjut silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

5. Menghitung dalam hati
Saat hendak melakukan pembayaran misal saat di pasar atau di kasir toko modern cobalah untuk ikut menghitung total pembayaran. Dengan ikut menghitung maka secara tidak langsung kita ikut melatih otak untuk bekerja meskipun hanya sejenak namun kegiatan menghitung ini tetap menjaga otak agar tidak malas.

Biasakan pula untuk mengkonsumsi 1 sendok takar ROYALE JELLY LIQUID setiap malam sebelum tidur untuk membantu proses regerenasi sel otak yang sehat, meningkatkan konsentrasi, mempertahankan daya ingat dan membuat tidur lebih nyenyak.