7 Tips Tingkatkan Konsentrasi

Posted on

Dalam rutinitas sehari hari manusia banyak sekali kegiatan yang menuntut kita untuk dikerjakan dengan benar seperti belajar dan bekerja adalah akfitas yang membutuhkan konsentrasi agar apa yang kita kerjakan dapat diselesaikan dengan benar. Untuk mengerjakan sesuatu dengan benar maka dibutuhkan konsentrasi. Setiap kita melakukan sesuatu yang penting maka pikiran kita akan berusaha untuk konsentrasi. Konsentrasi terjadi karena otak kita bekerja secara maksimal sehingga kita dapat fokus terhadap apa yang kita kerjakan.

Saat kita belajar maka kita otak kita dalam posisi menerima informasi, sehingga dalam keadaan konsentrasi kita mampu menyerap informasi dengan baik. Jika keadaan otak kita dalam konsentrasi yang baik maka informasi yang disimpan dapat berjangka lama. Konsentrasi pada manusia dapat dilatih sejak dini, banyak sekali teknik dan terapi yang dibuat untuk melatih konstrasi kita agar dapat bertahan lama. Melatih konsentrasi dimulai sejak kecil, karena pada saat masa kecil melatih otak anak jauh lebih mudah karena otak pada masa anak mudah untuk dibetuk. Orang yang memiliki daya konsentrasi baik cenderung melatih konsentrasinya sejak dini.

1 Kapsul tiap pagi: Tingkatkan Stamina, Energi, Konsentrasi, Imunitas, Minimalkan Resiko Kanker, Redakan Stress, Tidur Berkualitas, Cegah Infeksi/Radang. Info Lebih Lanjut SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

1 Kapsul tiap pagi: Tingkatkan Stamina, Energi, Konsentrasi, Imunitas, Minimalkan Resiko Kanker, Redakan Stress, Tidur Berkualitas, Cegah Infeksi/Radang. Info Lebih Lanjut SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Memiliki konsentrasi yang baik tidak hanya berpengaruh pada pembelajaran namun juga semua aktifitas penyerapan informasi dan hasilnya konsentrasi yang baik dapat membantu kita mengingat informasi kecil yang terkadang sering dilewatkan. Untuk melatih konsntrasi kita banyak cara mudah yang sering kita anggap hanya aktifitas kecil namun jika dilatih terus menerus dapat membantu melatih konsentrasi, seperti :
1. Menulis catatan kecil
Menulis catatan atau notes kecil, misal sebagai pengingat atau ringkasan kecil apa yang harus dilakukan akan membantu konsentrasi kita. Karena dengan melakukan hal tersebut otak kita diajak untuk bekerja secara perlahan namun terus menerus sehingga otak akan terbiasa untuk fokus dan ingat terhadap informasi.

2. Membaca dengan teknik scan
Membaca dengan teknik scan merupakan teknik membaca cepat dengan mengambil informasi yang terdapat di halaman dengan cepat. Melatih kecepatan mata dan otak untuk menyerap informasi akan sangat membantu melatih konsentrasi.

3. Latihan imajinasi
Imajinasi saat membaca contohnya adalah salah satu caara melatih konsentrasi. Berimajinasi akan baik jika dapat diimbangi dengan aktifitas yang berhubungan dengan keseharian, karena dapat dilatih setiap saat.

4. Banyak membaca buku
Membaca buku merupakan hal yang sederhana namun banyak manfaatnya, selain memperkaya informasi dan membuka wawasan. Membaca buku melatih konsentrasi sekaligus imajinasi kita, buku yang dibaca tidak harus buku yang berat. Topik yang menarik minat baca anda lebih dibandingkan dengan topik yang lainnya.

5. Belajar tenang
Belajar tenang adalah belajar untuk bersikap tenang dalam menghadapi situasi. Mencoba mengambil waktu dan tenang dalam melakukan aktifitas, jangan terburu buru untuk mengambil tindakan. Ambil sedikit waktu dan gunakan untuk menenangkan diri anda dari aktifitas sehari hari anda. Dengan demikian badan dan otak anda akan dapat beristirahat yang dibutuhkan tubuh untuk memulai konsentrasi.

6. Mendengarkan musik
Musik klasik sangat direkomendasikan karena selain memicu otak kita, secara tidak langsung music yang tenang dan mengalir akan memiliki efek rileks yang baik untuk kinerja otak yang sudah kita gunakan selama sehari.

7. Bermain game
Game puzzle seperti rubik merupakan game yang disarankan untuk melatih konsentrasi anda. Selain berkonstrasi, game juga dapat memberi hiburan bagi anda di sela sela pekerjaan yang berat.