Atasi Radang Infeksi Amandel Pada Anak

Posted on

Amandel merupakan istilah yang digunakan masyarakat untuk menyebutkan kondisi amandel yang membengkak atau meradang. Amandel terletak di bagian dalam mulut dan terdapat dua amandel di setiap rongga mulut manusia.

Amandel bekerja sebagai organ tubuh yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia secara alami. Amandel dapat membengkak akibat peradangan dan berwarna merah serta tertutup lapisan berwarna putih atau kuning akibat dari infeksi.

Perlu diketahui juga bahwa radang amandel dapat menular dari satu orang ke orang lain terutama dari satu anak ke anak kecil lainnya karena sistem kekebalan pada anak kecil yang belum sempurna.

Gejala radang amandel yang sering muncul adalah demam, sakit kepala, sakit saat menelan, serta flu maupun batuk. Ketika gejala amandel sudah mulai muncul maka disarankan bagi orang tua untuk tetap mengusahakan anak tetap makan maupun minum agar anak tidak sampai dehidrasi yang dapat menyebabkan gangguan lainnya muncul.

Penyebab sakit amandel dapat terjadi akibat virus atau bakteri, sehingga dilihat dari penyebab amandel cara penanganannya akan berbeda. Jika amandel disebabkan oleh bakteri maka dokter akan menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri. Namun orang tua perlu memperhatikan penggunaan dari antibiotic karena penggunaan yang terlalu lama dapat mengganggu pertumbuhan anak.

Ketika amandel membengkak maka anak akan sulit makan karena akan terasa sakit saat digunakan untuk menelan, untuk mengatasinya maka mengganti menu makanan dapat dilakukan para orang tua seperti memberikan makanan yang lembut seperti bubur, sup, Clover Honey, serta ice cream yang dapat menurunkan rasa sakit pada amandel.

Sebagian besar anak yang menderita amandel akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 2 minggu sehingga orang tua tidak perlu khawatir akan kondisi anak. Usahakan agar anak terus mengkonsumsi makanan dan minuman agar pertumbuhan dan perkembangannya tidak terhambat.

Pengobatan pada amandel dapat diberikan pada amandel namun tidak mempercepat proses penyembuhan hanya meredakan rasa sakit saat menelan. Operasi dapat dilakukan terhadap penderita amandel yang mengalami pembengkakan lebih dari 4x selama setahun, dan rasa sakit yang amat sangat barulah tindakan operasi dapat dilakukan.

Tindakan operasi pada anak dapat menguntungkan sekaligus merugikan karena di satu sisi amandel tidak akan kambuh dan membengkak namun operasi pengangkatan amandel dapat merugikan anak karena anak akan kehilangan salah satu sistem kekebalan tubuh yang bertugas menjaga daya tahan tubuh, setelah operasi biasanya rasa sakit akan terasa hingga kurang lebih 2 minggu.

Untuk melakukan pencegahan terhadap radang/gangguan amandel terutama pada anak cara yang paling tepat adalah menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari mencuci tangan dengan bersih sebelum makan, mencuci alat makan dengan bersih, mandi dengan bersih serta menggunakan sikat gigi yang higienis dan mengganti sikat gigi secara teratur agar kebersihan tetap terjaga.

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi & Imunitas Anak.  Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi & Imunitas Anak. Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Meningkatkan imunitas anak adalah cara paling jitu untuk menghindari radang amandel. Berikan suplemen Kids 3 dan Clover Honey pada anak setiap hari yang bermanfaat untuk pencegahan terjadinya radang amandel pada anak, melindungi tubuh dari berbagai jenis virus dan bakteri, serta mencerdaskan otak anak.