Bahaya Fatty Liver (Perlemakan Hati)

Posted on

Penyakit sirosis hati dan kanker hati merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang perlu diwaspadai, dewasa ini selain sulit terdeteksi penyakit ini juga sangat berbahaya. Penyakit yang menyerang liver terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat sehingga liver bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan gangguan. Selain sirosis hati, perlemakan hati atau liver juga menjadi perhatian lebih karena perlemakan hati lama kelamaan juga akan menyebabkan penyakit sirosis maupun hepatitis.

Fatty liver adalah kondisi di mana liver tertutup dan diselimuti oleh lemak, akibatnya kerja liver menjadi lebih berat yang kemudian akan memicu perusakan sel liver lebih cepat dibandingkan regenerasi sel hati. Pengecekan kerusakan sel liver dapat dilihat dari cek SPGT dan cek SGOT di mana pada pengecekan tersebut dilakukan untuk mengukur seberapa banyak sel hati rusak yang terdapat dalam darah, semakin tinggi kadar SGPT SGOT maka menunjukkan semakin banyak sel liver yang rusak.

Umumnya gangguan perlemakan hati terjadi pada orang yang memiliki kadar kolesterol dan lemak yang tinggi, namun bukan berarti perlemakan hati hanya terbentuk pada orang yang memiliki berat badan lebih. Justru orang yang memiliki berat badan proporsional juga rawan memiliki perlemakan hati. Pasalnya lemak yang menumpuk pada liver juga sama berbahayanya dengan perlemakan pada jantung yang dikenal sebagai jantung koroner, meskipun resikonya tidak setinggi koroner namun perlemakan hati tetap berbahaya jika tidak segera diatasi.

Ciri khas orang yang memiliki perlemakan hati dapat diperhatikan yaitu :
1. Mengkonsumsi makanan kotor
Makanan kotor adalah makanan yang mengandung sedikit serat, kurang bergizi serta tinggi kolesterol seperti makanan cepat saji yang sangat tinggi kalori dan tinggi lemak jenuh. Mengkonsumsi makanan sejenis ini dalam seminggu saja sudah dapat mempercepat perlemakan hati karena kandungan yang tidak baik dapat merusak metabolisme tubuh dan kelamaan akan menutup liver secara berkala.

2. Kurang olahraga
Olahraga adalah sarana yang dapat digunakan untuk membakar lemak, berolahraga selama 1 jam dapat membakar kalori dan menguatkan otot tubuh. Jika olahraga seperti berlari atau berenang dilakukan lebih dari dua kali dalam seminggu maka lemak lemak di dalam tubuh dapat dibakar sedikit demi sedikit.

3. Pola hidup tidak teratur
Tidur larut malam merupakan cara tercepat merusak hati sehingga setiap orang yang tidur larut malam tidak akan dapat beristirahat dengan baik yang dapat dirasakan dari sakit di sekujur tubuh meskipun setelah bangun tidur.

Jika ketiga hal tersebut sering anda lakukan maka anda harus segera melakukan pemeriksaan sedini mungkin karena perlemakan hati tidak mudah diketahui tanpa menggunakan alat yang tepat karena fatty liver secara fisik tidak menunjukkan perubahan. Mulailah untuk menjaga pola hidup dan menjaga makanan karena makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menentukan kesehatan tubuh.

Manfaat Bee Propolis 500mgManfaat CH

Pastikan untuk RUTIN konsumsi 3×1 sendok makan Clover Honey dan 3×1 tablet Bee Propolis Murni 500mg setiap sebelum makan tiap hari untuk menjaga kesehatan hati/liver Anda. Kedua suplemen herbal ini bisa membantu menjaga fungsi kerja hati, mengikis perlemakan hati, meminimalisir terjadinya sirosis (cirrhosis) hati.