Bahaya Haid Tidak Teratur

Posted on

Datang bulan merupakan aktifitas tubuh bulanan yang terjadi pada wanita. Setiap wanita akan mengalami datang bulan atau haid.

Pada umumnya datang bulan akan dimulai pada wanita yang mencapai umur 11 – 12 tahun, pada umur tersebut wanita akan mengalamai masa haid pertama kali yang akan terjadi setiap bulannya ke depan hingga masa menopause.

Datang bulan adalah proses lepasnya sel telur yang telah matang dan siap untuk dibuahi, hal ini juga menandakan wanita yang telah mencapai kedewasaan secara fisik. Datang bulan terjadi dalam waktu sebulan sekali dan setiap terjadi proses datang bulan maka reaksi fisik yang ditunjukan pada setiap wanita akan berbeda satu sama lainnya.

Reaksi yang timbul pada saat datang bulan dikarenakan adanya pergolakan hormone estrogen pada wanita sehingga pada umumnya wanita yang mengalami datang bulan akan merasa pusing, sakit perut, dan emosional yang tidak stabil akibat hormone estrogen yang berubah.

Datang bulan juga dapat mengganggu kehidupan wanita jika datang bulan tidak teratur, yang artinya adanya gangguan baik fisik ataupun gangguan psikologis pada wanita.

Datang bulan dikatakan tidak teratur jika jarak interval datang bulan dari periode sebelumnya lebih dari 10 hari. Sangat banyak sekali penyebab datang bulan menjadi tidak teratur, misalnya penyakit, stress, kurang menjaga kebersihan atau reaksi tubuh yang belum stabil.

Perlu diperhatikan bahwa haid yang tidak teratur dapat menandakan adanya penyakit yang mungkin membahayakan seperti penyakit kanker.

Info lebih lanjut silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Mengatasi masalah haid dan berbagai gangguan sistem reproduksi lainnya. Info lebih lanjut silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Penyakit penyakit yang mungkin muncul sebagai gejala jika datang bulan tidak teratur adalah :
1. Kista
Kista merupakan penyakit yang menyerang organ rahim pada wanita, kista merupakan gangguan yang timbul pada rahim maupun saluran rahim. Kista berupa benjolan yang muncul danm berisi cairan, cairan pada kista tersebut dapat bermacam macam seperti cairan kental, bernanah, darah, atau air. Kista akan dikatakan berbahaya jika kista bersifat ganas yang dapat tumbuh seperti kanker. KIsta yang berisi cairan nanah dan darah menandakan terjadi infeksi pada tubuh dan jika dibiarkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Maka sangat perlu untuk mendeteksi kista sejak dini.

2. Kanker rahim
Sel kanker yang tumbuh pada rahim dapat menyebabkan gangguan pada haid. Kanker rahim merupakan penyakit yang cukup berbahaya, sehingga perlu pengananan yang sesegera mungkin sebelum kanker menjalar ke organ lainnya. Salah satu gejala kanker rahim adalah haid yang tidak teratur.

3. Gangguan pada kesuburan
Selain haid yang tidak teratur dapat bertindak sebagai gejala penyakit, haid yang tidak teratur juga dapat menandakan adanya gangguan kesuburan pada wanita. Wanita yang mengalami gangguan kesuburan atau bahkan steril (mandul) akan cenderung mengalami gangguan yang pada haid.

Karena gangguan pada wanita terutama gangguan haid merupakan sinyal tubuh karena ada sesuatu yang terjadi dalam tubuh. Ketika haid tidak teratur maka perlu untuk memeriksakan diri dan sigap dengan sinyal yang dikirimkan tubuh, karena jika haid menandakan gejala penyakit maka penyakit yang terdeteksi akan dengan mudah untuk diobati sebelum menjadi penyakit yang lebih parah.