Bahaya Junk Food dan Bagaimana Mengatasinya

Posted on

Di era yang serba instan ini hampir semua produk dan jasa setidaknya mengandung konsep instan. Masyarakat sekarang sangat membutuhkan yang namanya kepraktisan sehingga para produsen berlomba lomba menciptakan produk instan. Salah satunya adalah produk makanan.

Makanan cepat saji (junk food) adalah makanan yang sangat popular dan menjamur akhir akhir ini. Makanan cepat saji memang disajikan dalam waktu yang sangat cepat, mulai dari bahan mentah dari sayur sayuran hingga daging semua dikembangkan dengan metode mempercepat pertumbuhan tidak berhenti disitu waktu penyajian pun juga sangat cepat dibandingkan dengan rumah makan konvensional.

Junk food merupakan makanan yang terkenal enak, namun di balik kenikmatan menyantap makanan junk food banyak sekali kerugian dibandingkan manfaat yang kita peroleh dari mengkonsumsi junk food. Tinggi lemak, kurang vitamin, serta sisa hormon yang di pakai saat mengembangkan bahan baku dapat ikut terkonsumsi dan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Fenomena ini juga mempengaruhi anak anak. Promosi junk food juga menargetkan anak anak, dan hal ini menyebabkan kekuatiran bagi orang tua karena anak suka dengan apa yang ditawarkan oleh restoran junk food.

Junk food yang dikonsumsi anak dapat menjadi sumber penyakit jika tidak diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergizi. Selain pertumbuhan yang tidak maksimal sudah banyak korban anak yang menderita kelainan hanya karena mengkonsumsi junk food dalam porsi yang banyak dan dalam kurun waktu yang singkat.

Melihat hal ini maka orang tua perlu mengambil sikap bijaksana untuk membatasi konsumsi junk food yang sebenarnya tidak dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak.

Mengimbangi junk food juga menjadi salah satu usaha yang gencar dilakukan oleh orang tua yang ingin agar anak mereka tumbuh secara maksimal. Keseimbangan makanan antara sayuran, daging dan buah harus diperhatikan sesuai dengan konsep 4 sehat 5 sempurna, karena dalam porsi tersebut essensi utama untuk masa pertumbuhan anak dapat ditemukan lengkap dan benar benar dibutuhkan oleh tubuh.

Sebaiknya di balik kebiasaan mengkonsumsi junk food harus ada solusi untuk mengimbangi junk food yaitu :
1. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah.
Sayuran dan buah merupakan salah satu komposisi dari 4 sehat 5 sempurna, dengan adanya junk food yang tidak sehat namun jika diimbangi dengan komsumsi sayur dan buah yang rendah lemah dan kaya serat maka kesehatan anak dapat tetap terjaga.

2. Kebiasaan berolahraga.
Biasakan anak anda untuk berolahraga, cara yang paling mudah adalah dengan berenang atau bersepeda karena kedua olahraga tersebut merupakan olahraga yang tingkat fun cukup tinggi sehingga anak akan merasa bahwa olahraga selain sehat juga menyenangkan.

3. Berikan camilan sehat
Camilan merupakan favorit semua anak, dengan cara ini maka ibu di rumah dapat membuatkan camilan yang sehat untuk mengimbangi junk food. Camilan yang sehat lebih baik lagi jika dibuat dengan lucu dan menarik sehingga nafsu makan anak dapat meningkat.

4. Memberi batasan.
Batasan dalam konsumsi junk food harus ketat, misal sebulan sekali anak diperbolehkan mengkonsumsi junk food. Bahkan lebih baik lagi jika anak tidak sampai berulang kali makan di luar rumah, karena makanan yang paling sehat, bersih dan bergizi adalah masakan ibu rumah tangga. Sehingga secara tidak langsung anak ditanamkan untuk memiliki kebiasaan makan di rumah dibandingkan makan di luar.

Berikan 2 Tablet Kids 3 setiap pagi mulai usia 2 tahun & Clover Honey sebagai pemanis alami pengganti gula yang AMAN

Berikan 2 Tablet Kids 3 setiap pagi mulai usia 2 tahun & Clover Honey sebagai pemanis alami pengganti gula yang AMAN

5. Berikan Suplemen AMAN berbahan ALAMI
Berikan suplemen yang tidak mengandung zat kimia dan bahan pengawet buatan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mempertahankan stamina serta imunitas anak. CLOVER HONEY sangat disarankan untuk diberikan 3×1 sdm setiap sebelum makan agar bisa memperbaiki saluran pencernaan anak, memaksimalkan asupan gizi pada sistem pencernaan, memenuhi kekurangan nutrisi penting yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari dan merupakan pemanis alami pengganti gula yang sangat bagus untuk kesehatan.
Sementara HD KIDS3 adalah multivitamin berbahan perlebahan murni yang mengandung ROYALE JELLY, PROPOLIS, BEE POLLEN dan ROSE HIPS yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan imunitas anak agar tidak mudah sakit, memperbaiki dan memaksimalkan kinerja otak anak, membantu anak lebih fokus, meningkatkan kerja syaraf motorik, membuat pertumbuhan fisik anak menjadi lebih maksimal serta menjaga nafsu makan anak secara optimal.