Bahaya Kekurangan Asam Folat Pada Ibu Hamil

Posted on

Anak merupakan bentuk curahan cinta kasih orang tua, mulai dari proses kehamilan hingga persalinan pasti orang tua akan mengusaha yang terbaik bagi anak mereka. Kesehatan, nutrisi bayi, hingga segala hal yang paling detail akan dipersiapkan untuk menyambut bayi.

Banyak sekali dari orang tua khususnya para ibu yang berusaha mengkonsumsi berbagai macam makanan yang tujuannya adalah untuk memberikan nutrisi maksimal pada janin sehingga janin yang berkembang menjadi bayi dapat lahir dan tumbuh berkembang secara maksimal.

Tidak terlepas dari nutrisi bayi, para ibu juga tentunya akan memberikan usaha lebih seperti berolahraga dan melakukan aktifitas lainnya agar si bayi dapat tumbuh melebihi dari kondisi orang tua mereka.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam proses kehamilan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah nutrisi untuk janin. Janin merupakan bentuk bayi yang masih berada pada tahap awal kehamilan, pada saat ini janin tumbuh dengan sangat cepat. Regenerasi sel setiap jamnya akan berkembang berkali ganda, organ organ mulai dari mata hingga sistem pencernaan mulai dibentuk, begitu juga dengan pembentukan otak dan sistem syaraf. Pada saat pembentukan otak dan sistem syaraf sangat penting bagi ibu untuk mengkonsumsi makanan yang tepat guna, karena kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan tidak maksimal bahkan jika sangat kurang maka bayi dapat terlahir cacat.

Menghindari kecacatan pada bayi, para ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan akan asam folat. Asam folat (folic acid) merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk regenarasi sel dan pembelahan sel. Tidak hanya anak anak namun orang dewasa yang sudah sepenuhnya dewasa juga memerlukan asam folat.

Konsumsi 1 Tablet Pollenergy Setiap pagi Pada Ibu Hamil Sangat BAGUS untuk memenuhi kebutuhan asam folat & pencegahan Autisme & Menghindari Lahir Cacat Pada Anak.

Konsumsi 1 Tablet Pollenergy Setiap pagi Pada Ibu Hamil Sangat BAGUS untuk memenuhi kebutuhan asam folat & pencegahan Autisme & Menghindari Lahir Cacat Pada Anak. KLIK UNTUK INFO LEBIH DETIL.

Pada umumnya ibu hamil memerlukan 600 – 800 microgram/hari asam folat selama masa kehamilan. Namun jika ibu terlalu banyak mengkonsumsi asam folat (> 1000 microgram) maka bukannya bayi dapat terlahir sehat namun justru bayi dapat mengidap gangguan kesehatan dan kemungkinan dapat menderita penyakit asma. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat harian secara cukup tersebut maka resiko kecacatan lahir bayi dapat berkurang hingga 93%.

Karena tidak boleh terlalu berlebih ataupun kekurangan, maka kebutuhan asam folat dalam masa kehamilan ibu harus benar benar diperhatikan. Untuk memastikan agar kebutuhan asam folat tidak kekurangan/berlebih selama masa kehamilan maka sangat disarankan agar ibu hamil mengkonsumsi 1 tablet POLLENERGY setiap pagi karena dengan demikian kebutuhan akan asam folat harian pada ibu hamil bisa terpenuhi dengan baik.

Disamping itu asam folat juga bisa didapatkan dalam makanan dan minuman tertentu. Asam folat banyak terkandung di dalam makanan seperti biji bijian, buah dan sayuran seperti :
1. Pisang
Pisang merupakan sumber folat yang baik bagi ibu, selain mengandung folat yang benar benar baik bagi pertumbuhan. Pisang juga memiliki vitamin lain yang baik untuk pertumbuhan serta kalium untuk menjaga kondisi ibu.

2. Bayam
Bayam selain kaya zat besi, bayam juga mengandung asam folat. Konsumsi bayam sebaiknya dimasak dengan cepat dan tidak terlalu panas. Karena proses memasak yang terlalu lama dapat menyebabkan vitamin rusak.

3. Alpukat
Buah alpukat juga mengandung folat dan vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit. Mengkonsumsi buah alpukat setiap harinya akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Gandum
Gandum merupakan salah satu tanaman biji bijian yang sangat berguna bagi manusia. Mulai dari minyak atau diolah menjadi makanan gandum sangat baik bagi sistem pencernaan disamping gandum sebagai sumber folat.

5. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari yang dikemas seperti kwaci juga sangat baik, tidak hanya biji kwaci namun kulit biji bungan matahari juga kaya minyak yang dapat dijadikan sumber asam folat selama proses kehamilan dan balita.