Bahaya Keputihan Akut

Posted on

Keputihan adalah gangguan yang umum muncul pada wanita. Keputihan adalah keluarnya cairan yang dapat berwarna keruh maupun putih dan dapat berbau tidak sedap. Umumnya organ kewanitaan mengeluarkan cairan yang bening dan tidak berbau, keluarnya cairan karena adanya kegiatan tubuh seperti datang bulan atau haid yang terjadi setiap bulan pada wanita. Jumlah cairan yang muncul ini juga dapat bervariasi tergantung dari kesehatan setiap orang.

Munculnya keputihan dapat bervariasi mulai dari adanya infeksi, masuknya jamur dan bakteri dan bahan kimia yang masuk. Berbagai pemicu keputihan tersebut biasanya terjadi karena kurang terawatnya kebersihan dari penderita, sehingga jamur dan bakteri dapat masuk akibat tidak dijaganya kelembapan dan kebersihan.

Jika keputihan muncul maka cairan lendir yang muncul pada wanita dapat berwarna kekuningan, kemerahan bahkan kehijauan tergantung dari pemicu, sebagai contoh jika terjadi infeksi pada organ bagian dalam maka cairan keputihan yang muncul dapat berwarna kekuningan akibat tercampur dengan nanah yang dihasilkan dari infeksi.

Paket Solusi Keputihan

Rasa gatal bahkan sakit dapat terjadi jika keputihan terus menerus terjadi, namun juga perlu diwaspadai bahwa penyakit keputihan yang tidak segera ditangani dapat menjadi keputihan akut dan akhirnya dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan kerusakan rahim. Bahaya yang dapat muncul jika keputihan tidak diatasi adalah infeksi akut yang dapat merusak keseluruhan organ reproduksi pada wanita, jika sampai pada posisi tersebut maka proses pengangkatan rahim harus dilakukan untuk menyelamatkan nyawa dari penderita.

Masyarakat kerap menganggap remeh gangguan keputihan yang muncul karena sering dikaitkan dengan “kebiasaan” tubuh yang dapat berhenti dengan sendirinya sehingga masyarakat kurang tersadar untuk melakukan usaha agar sembuh atau mencari penyebab dari keputihan. Barulah setelah keputihan memicu penyakit berbahaya dan terasa gejalanya pada tubuh barulah orang akan mau untuk memeriksakan dirinya yang dapat dipastikan sudah terlambat.

Agar tidak sampai menganggu ada berbagai cara pencegahan keputihan yang sangat mudah untuk dilakukan dan efektif menjauhkan keputihan dari aktifitas sehari hari seperti :
1. Menjaga kebersihan dari organ intim. Tidak hanya kebersihan saja namun juga kelembapan, setiap selesai mandi atau buang air kecil maka usahakan agar mencuci dengan bersih dan dibersihkan hingga kering agar tidak lembab, sebab tempat yang lembab akan mempercepat jamur untuk berkembang.
2. Menghindari makanan kurang sehat. Makanan cepat saji dan instan merupakan makanan yang mengandung banyak sekali bahan kimia, bahan kimia yang terus menerus masuk ke dalam tubuh dapat menganggu kinerja tubuh termasuk dapat menganggu organ reproduksi wanita.
3. Membersihkan organ kewanitaan dengan cairan pembersih. Cairan pembersih yang disarankan adalah cairan yang dibuat dari bahan herbal karena banyak sekali cairan pembersih di pasaran yang justru dapat memicu keputihan karena bahan kimia yang kurang baik.
4. Mengkonsumsi Bee Propolis 3×1 tablet hingga 3×2 tablet per hari (jika keputihan sudah akut), Royale Jelly 1 sendok takar tiap malam dan 1 tablet Pollenergy tiap pagi secara rutin akan membantu mengatasi masalah keputihan.