Bahaya Pemanis Buatan pada Anak Berkebutuhan Khusus

Posted on

Maraknya pemanis buatan telah lama terjadi, jika ditelusuri lebih dalam pemanis buatan justru dikonsumsi oleh anak kecil lebih banyak dibandingkan dengan manusia dewasa. Mengapa demikian, karena pemanis buatan sering ditemui pada jajanan yang di jual oleh pedangang kaki lima yang menargetkan jajannya untuk anak kecil. Selain murah pemanis buatan banyak digunakan karena efisien, tidak memerlukan usaha yang banyak namun dapat mengembalikan modal dengan cepat.

Bahaya pemanis buatan atau pemanis sintetik sudah jelas terlihat. Selain meracuni anak, pemanis buatan dapat mengganggu perkembangan anak. Bayangkan saja jika pada anak biasa pemanis buatan dapat mengganggu pertumbuhan si kecil, bagaimana jadinya jika pemanis buatan tidak sengaja dikonsumsi oleh anak kecil dengan kebutuhan khusus.

Anak dengan kebutuhan khusus seperti autisme, down syndrome, Hyperaktif dan ADHD tidak hanya memerlukan perhatian khusus dari lingkungan sekitarnya namun juga apa yang mereka konsumsi. Salah mengkonsumsi makanan dapat berakibat fatal.

Pasalnya anak dengan kebutuhan khusus tidak dapat mengkonsumsi semua jenis makanan sehingga ada beberapa makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik sehingga harus dihilangkan dari menu makanannya. Selektifnya pada menu makanan anak anak dengan kebutuhan khusus dapat dimulai dari memilih pemanis yang tepat. Terlebih anak kecil sangatlah suka pada makanan yang manis, dengan memilih pemanis yang tepat dan tidak berbahaya maka anak dapat menikmatinya dengan aman.

Masuknya pemanis buatan pada anak berkebutuhan khusus dapat berakibat fatal, karena racun yang masuk dapat mengganggu sistem tubuh anak yang dapat dibilang tidak normal. Aspartam, Sakarin, hingga Sukrosa adalah tergolong pemanis buatan yang harus dihindari.

Pemanis Alami Pengganti Gula yang AMAN dikonsumsi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Pemanis Alami Pengganti Gula yang AMAN dikonsumsi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Contohnya pada anak autisme dan hiperaktif yang membutuhkan kontrol asupan kalori yang tepat jika tidak sengaja mengkonsumsi pemanis buatan maka anak hiperaktif dapat semakin kehilangan kontrol atas dirinya sehingga berakibat sulit dikendalikan bahkan sulit berkomunikasi.

Selain bahaya mengganggu sistem tubuh pada anak berkebutuhan khusus pemanis buatan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan pada anak sehingga anak akan rentan terkena obesitas yang merupakan faktor penyebab munculnya penyakit penyakit berbahaya lainnya.

Pemanis buatan tidak hanya berbahaya dalam jangka pendek bagi anak berkebutuhan khusus tetapi juga fatal resikonya pada jangka panjang. Konsumsi pemanis buatan yang tidak dijaga dapat menyebabkan berhentinya perkembangan otak, sehingga otak dan syaraf anak tidak dapat berkembang yang artinya anak akan benar benar tidak dapat ditolong dan akan mengalami kerusakan seumur hidupnya.

Sangat disarankan untuk memberikan anak pemanis buatan alami pengganti gula yang sudah terbukti AMAN dikonsumsi anak berkebutuhan khusus, yakni CLOVER HONEY. Mengkonsumsi CLOVER HONEY secara teratur akan membantu memperbaiki sistem pencernaan anak berkebutuhan khusus, memenuhi kebutuhan akan nutrisi penting yang tidak didapatkan tubuh dari makanan sehari-hari, juga membantu anak agar bisa berperilaku lebih tenang dan mengontrol emosinya.