Bahaya Tukak Lambung

Posted on

Tukak lambung merupakan gangguan pada lambung akibat kadar asam lambung yang melebihi batas. Sakit tungkak lambung memang tidak berbahaya namun tukak lambung tetaplah gangguan yang berkemungkinan dapat menjadi penyakit akut jika dibiarkan saja. Sakit pada system pencernaan seringkali terjadi akibat kelalaian manusia bukan dikarenakan oleh kesalahan tubuh saat memproduksi asam lambung.

Asam lambung yang diproduksi oleh manusia bertujuan untuk membunuh pathogen seperti kuman yang ikut masuk ke dalam tubuh bersama makanan, selain bersifat sebagai pembunuh pathogen, asam lambung juga bertugas untuk mengubah kandungan makanan menjadi kandungan yang lebih sederhana yang kemudian diserap oleh lambung dan usus kecil. Ketika asam lambung yang berguna tersebut tidak bekerja karena tidak ada makanan maka sedikit demi sedikit asam lambung akan menumpuk pada lambung dan pada akhirnya menjadi tukak lambung.

Penyebab paling umum tukak lambung adalah tidak menjaga pola makan dengan benar. Lambung manusia didesain untuk makan sebanyak tiga kali sehari dan dan jeda setiap jam makan adalah 4 hingga 5 jam sehingga lambung harus terus diisi. Jika terlambat makan maka keterlambatan mengisi lambung menyebabkan produksi asam lambung tinggi yang sering dirasakan sebagai sensasi kenyang meskipun belum makan atau terus menerus lapar meskipun sudah makan.

Tukak lambung pada awalnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat maag yang bertujuan untuk menetralisir asam lambung dengan menaikan Ph. Namun seiring berjalannya waktu, jika tukak terus menerus terjadi, maka lambung dapat terluka dan bisa menjadi penyakit berbahaya seperti kanker lambung.

Untuk menghindari tukak lambung maka hal yang harus dilakukan adalah menaati jadwal makan, selalu menepati waktu makan dan makan sebelum lapar sehingga penyerapan oleh asam lambung dapat maksimal.

Makanan yang pedas, berminyak, pahit dan asam adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita tungkak lambung karena makanan atau minuman pantangan yang dikonsumsi meskipun hanya sedikit namun efeknya tetap berbahaya.

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Mengembalikan kesehatan lambung dapat dilakukan dengan menjaga makan meskipun secara berkala namun lambung dapat kembali berfungsi dengan baik. Selain itu disarankan untuk konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan lambung seperti Clover Honey, labu dan pisang. Pisang,labu dan Clover Honey merupakan makanan yang dikonsumsi sebagai pertolongan pertama ketika tungkak lambung timbul. Pisang serta labu dan Clover Honey memiliki kandungan yang dapat membantu mentralisir Ph pada lambung dan mampu melindungi lapisan mucus pada lambung. Terlebih jika mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut dikombinasikan maka efek pengobatan dapat berlipat ganda dan dapat bekerja ganda yaitu dengan menetralisir asam sekaligus melapisi saluran lambung sedikit demi sedikit sehingga ketika tungkak lambung muncul tidak akan menyebabkan sakit yang melilit.

Konsumsi rutin 3×1 Kaplet DT Enzymeminerals dan 3×1 sendok makan Clover Honey tiap sebelum makan akan membantu mengatasi keluhan tukak lambung maupun keluhan pada sistem pencernaan lainnya secara berangsur.