Cara Efektif Mengatasi Luka Bakar

Posted on

Dalam keseharian kita baik kegiatan rumah maupun pekerjaan sehari-hari, terkadang terjadi kecelakaan kecil. Kemungkinan mengalami luka bakar merupakan kecelakaan kecil yang bisa terjadi. Contohnya, terkena percikan minyak panas saat memasak, terkena knalpot panas sepeda motor, dll.

Seringkali, persiapan kita kurang karena kita menganggap luka bakar sebagai kecelakaan yang ringan. Namun bagi beberapa orang yang memiliki kulit yang sensitive, luka akibat terkena benda panas dan menyebabkan luka bakar dapat meninggalkan bekas luka secara permanen. Luka bakar juga dapat menjadi masalah jika terjadi pada bagian tubuh yang sering terlihat oleh orang.

Sering sekali orang terkena luka bakar dan dibiarkan begitu saja karena beranggapan bahwa luka bakar dapat dengan sendirinya hilang. Faktanya sering kita jumpai kecelakaan sederhana karena luka bakar dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan diri terutama bagi wanita yang mengutamakan penampilan. Salah satu contoh konkritnya adalah terkena knalpot sepeda motor pada kaki, atau terkena sterika atau juga terkena panas api dari kompor atau minyak panas. Hal ini sering menimbulkan luka bakar yang membekas dan sulit dihilangkan.

Luka bakar yang mengenai bagian tubuh kita jika tidak ditangani dengan segera maka dapat menyebabkan bekas luka yang cukup buruk seperti kulit menghitam dan menjadi kasar.

Tindakan tepat dalam menangani luka bakar sangat berarti besar, karena semakin cepat penanganannya, maka resiko luka bakar akan semakin minimum. Cara yang paling mudah untuk melakukan pertolongan pertama pada luka akibat panas adalah :
1. Mendinginkan bagian yang terkena luka bakar.
Jika terkena luka bakar maka segera kucurkan air pada bagian yang terbakar. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan dan menghentikan proses pembakaran yang masih terjadi karena panas yang masuk ke dalam kulit. Proses pendinginan ini lebih baik tidak diberikan tambahan seperti bedak atau hal lain karena dapat menjadi kotoran dan merusak kulit.

Krim Untuk Berbagai Jenis Luka Terbuka pada Kulit

Krim Untuk Berbagai Jenis Luka Terbuka pada Kulit

2. Oleskan Aloe Propolis Cream.
Krim ini sangat bagus untuk mengatasi luka bakar/luka terbuka pada permukaan kulit. Lidah buaya (aloe vera) dikenal memiliki lendir yang dapat mengobati luka bakar secara cepat. Kandungan Bee Propolisnya juga membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka dan mempercepat proses pengeringan luka. Produk ini dapat dengan segera menstimuli regerasi sel baru untuk membentuk jaringan sehat pada kulit, mencegah bekas luka meninggalkan bekas permanen dan menghentikan proses luka dengan segera.

3. Membersihkan luka
Luka bakar dapat menjadi parah jika tidak segera dibersihkan. JIka terkena luka bakar maka segera basuh dengaan air atau gunakan tisu basah yang cukup tebal sehingga kotoran dapat terangkat. Hindari penggunaan tisu atau kapas karena dapat menempel pada luka dan menyebabkan penyembuhan menjadi lama.

4. Kompres.
Salah satu cara menghindari dampak luka bakar dengan efektif adalah mengompres daerah sekitar tubuh yang terkena luka bakar. Mengkompres dapat menggunakan es batu atau handuk basah yang diberikan air dingin sehingga panas yang masuk dapat segera dikeluarkan dari tubuh.

Sebagai orang yang sering beraktifitas dengan hal yang panas dan berhubungan dengan api maka kita harus waspada dan berhati hati. Karena setiap kesalahan kecil yang kita lakukan dapat menyebabkan luka yang permanen. Apalagi jika kita tidak berhati hati dan menyebabkan wajah atau bagian tubuh yang penting terkena luka bakar, yang merupakan daerah vital pada manusia. Selain itu juga persiapkan kotak P3K di dalam rumah atau tempat kerja sehingga sewaktu jika terjadi kecelakaan dapat segera menggunakan P3K sebelum mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

6 Langkah Merawat Luka photo PerawatanLukadgAPC.jpg

sumber: ProdukMadu.com