Cara Menurunkan Kolesterol

Posted on

Lemak adalah salah satu substansi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Lemak dibutuhkan untuk cadangan makanan bagi tubuh jika tidak ada karbohidrat untuk menyuplai energy bagi tubuh, tidak hanya sebagai cadangan makanan lemak juga turut berkontribusi terhadap usaha tubuh untuk menghangatkan diri yang bertujuan untuk mekanisme bertahan hidup.

Lemak pada umumnya dibagi menjadi tiga jenis yaitu lemak essensial yang merupakan lemak yang dibutuhkan tubuh untuk proses pertumbuhan serta proses regenerasi sel. Lemak essensial ini banyak dibutuhkan oleh tubuh karena lemak ini tidak memberikan fat yang berisiko buruk bagi tubuh kita.

Lalu jenis lemak yang kedua adalah lemak jenuh. Lemak jenuh merupakan lemak yang banyak dikandung di dalam daging hewan. Lemak Jenuh atau lemak hewani merupakan lemah jahat yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti kolesterol, penyakit jantung koroner, obesitas dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Sedangkan jenis lemak terakhir adalah lemak tidak jenuh, lemak tidak jenuh merupakan lemak yang dapat kita temukan dalam sayuran dan kacang. Lemak tidak jenuh adalah lemak yang baik karena lemak tidak jenuh itu tidak meningkatkan kadar kolesterol LDL dan tidak menurunkan kadar lemak HDL.

Sementara itu lemak jenuh (fatty acid) merupakan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak. Kadar lemak jenuh yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, perlemakan hati, hingga gangguan metabolism tubuh lainnya.

Kadar lemak yang tinggi ini juga penyebab utama penyakit kolesterol. Penyakit kolesterol sendiri adalah kondisi di mana kadar kolesterol dalam tubuh manusia terlalu kental sehingga darah yang mengalir dalam tubuh bercampur dengan kolesterol. Kolesterol sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh untuk kegiatan hati dan empedu, namun kadar kolesterol yang tinggi akan memperberat kerja jantung.

Sayangnya jantung tidak di desain untuk memompa darah yang kental sehingga kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung.

Kolesterol yang berlebihan disebut sebagai kolesterol jahat karena tidak membantu namun justru menjadi penyebab penyakit. Untuk menghindari kolesterol jahat pada tubuh maka dibutuhkan batasan agar asupan lemak yang masuk dalam tubuh dapat dikontrol.

Suplemen ALAMI Mengatasi Kolesterol Sekaligus PELANGSING AMAN.

Suplemen ALAMI Mengatasi Kolesterol, Pelindung Jantung, Sekaligus PELANGSING AMAN.

Usaha membatasi lemak tersebut antara lain adalah :

1. Menghindari makanan berminyak. Makan makanan berminyak sebetulnya tidak berbahaya asal minyak yang kita makana tidak banyak. Memang rata rata makanan berminyak rasanya nikmat namun minyak yang masuk ke dalam tubuh tidak akan dapat di gunakan tubuh sepenuhnya sehingga sisanya akan menjadi lemak yang menempel pada tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol.

2. Berolahraga dengan cara yang tepat. Ada trik tertentu agar berolahraga dapat menurunkan kadar lemak, olahraga yang dilakukan dapat bersifat kardio maupun angkat beban. Triknya adalah dengan tidak melakukannya secara berlebihan hingga berkeringat, lakukan secara perlahan dan sesuai nafas anda. Jika anda berolahraga hingga berkeringat bukannya lemak yang dibakar namun kadar gula dalam tubuh yang justru akan membuat tubuh semakin cepat lapar.

3. Mengatur asupan makanan. Bukan dengan cara tidak makan atau makan sehari kurangdari 3x namun mengganti menu makanan anda. Perbanyak makan buah atau sayur yang bebas lemak dan sangat baik bagi tubuh, terlebih sayuran dan buah yang kaya akan serat membantu agar metabolisme tubuh lancar dan sehat.

4. Ganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau minyak serupa yang lebih rendah kadar lemak sehingga meskipun anda mengkonsumsi makanan yang berminyak namun setidaknya anda sudah melakukan satu tindakan untuk meminimalisir resiko kolesterol.