Deteksi Stroke Sejak Dini

Posted on

Penyakit stroke kerap dianggap sebagai penyakit yang tidak dapat dihindari. Anggapan ini menjadikan masyarakat kurang sadar untuk menjalani pola hidup sehat.

Penyakit stroke adalah gangguan yang terjadi pada otak manusia. Tersumbatnya aliran darah pada otak dapat terjadi karena beberapa hal seperti lemak tinggi, tekanan darah tinggi dan komplikasi lain yang dapat memicu resiko stroke.

Perlu diketahui bahwa penyakit stroke dapat dihindari dan penyakit stroke itu sendiri dapat timbul akibat komplikasi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol maupun faktor usia dan pola hidup tidak sehat.

Meskipun penyakit stroke dapat menyerang siapa saja baik tua maupun muda pencegahan untuk stroke tetap harus dilakukan. Sangat penting sekali untuk mengetahui pola hidup yang sehat dan mendeteksi gejala stroke sedini mungkin agar dapat meminimalisir timbulnya stroke.

Untuk dapat mencegah timbulnya stroke secara dini maka harus mengetahui gejala stroke. Gejala stroke dapat berupa:
1. Mati rasa pada bagian tubuh tertentu
2. Kesulitan berbicara atau sulit mengerti
3. Pandangan kabur
4. Kehilangan keseimbangan
5. Sakit kepala parah tanpa sebab jelas

Ketika gejala sudah terasa pada tubuh maka perlu penanganan sesegera mungkin karena pada saat gejala sudah muncul tidak lama lagi orang dapat terserang stroke, karena stroke sendiri muncul tiba tiba dan tidak dapat diprediksi bahkan banyak orang yang terserang stroke saat tidur dan tidak dapat berbuat apa apa.

Untuk mendeteksi dan mencegah stroke dapat dimulai sedini mungkin, biasakan untuk memilih hidup sehat sejak muda karena jika sudah terlambat maka penanganannya akan sulit karena sudah menjadi kebiasaan dan daya tahan tubuh yang tidak sekuat saat masih muda. Mulailah dengan :
1. Olahraga teratur
Berolahraga adalah salah satu kewajiban untuk mencapai hidup sehat. Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh, selain membakar lemak dan menjaga penampilan tetap bugar olahraga juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi antibody yang digunakan tubuh untuk mencegah penyakit masuk kedalam tubuh. Olahraga dapat dimulai dengan olahraga ringan seperti jalan pagi, bersepeda tidak perlu olahraga berat yang menguras tenaga.

2. Kontrol tekanan darah
Tekanan darah berperan penting dalam mencegah stroke, tekanan darah dapat dikontrol dengan hidup teratur terutama istirahat cukup, mengurangi asupan natrium yang berasal dari garam dapur.

3. Berhenti merokok dan alkohol
Merokok dan minum alkohol dapat merusak tubuh dengan cepat, selain stroke rokok dan alkohol dapat menyebabkan kanker yang juga berbahaya. Mulailah dengan berhenti merokok sedikit demi sedikit dengan komitmen untuk mencapai hidup sehat.

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

4. Kontrol tingkat kolesterol
Kolesterol juga memegang peran penting dalam stroke serta jantung koroner, hindari mengkonsumsi daging dan minyak dalam jumlah banyak. Ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang di kukus yang bebas minyak dan perbanyak sayur yang sehat.

5. Jaga Berat badan
Berat badan yang sepadan mencerminkan orang yang sehat, dengan menjaga berat badan yang proporsional maka selain penampilan kita akan menarik tubuh kita juga akan sehat. Dengan demikian penyakit stroke dapat menjauh dari hidup kita.