Diet dan Suplemen Untuk Penderita Diabetes

Posted on

Kebanyakan penderita diabetes  ( atau dikenal dengan istilah kencing manis atau diabet) merasa kehilangan kesempatan untuk melakukan aktifitas seperti pada umumnya. Di dalam lingkungan penderita diabetes baik penderita atau keluarga penderita pasti akan mengalami depresi secara psikis karena penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang masih tidak dapat disembuhkan secara ilmu medis moderen hingga saat ini.

Namun demikian, penyakit diabetes baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2 dapat dikontrol sehingga para penderita tidak perlu takut menghadapi masa depannya. Asal benar-benar menjalankan perawatan dengan benar dan tahu apa yang harus dilakukan serta tidak melanggar pantangan.

Penderita diabetes merupakan orang yang tidak dapat mengolah zat gula menjadi karbohidrat dengan baik, sehingga penderita diabetes akan mudah lemas dan kehilangan tenaga. Selain itu penderita diabetes harus selalu menggunakan insulin baik terapi insulin yang disuntikkan maupun terapi lain. Kekurangan insulin dapat menyebabkan kandungan gula dalam darah tinggi dan akan memperberat jantung sehingga akibatnya berujung pada kematian.

Mengatasi diabetes dapat diitempuh dengan dua cara yaitu terapi insulin (menggunakan insulin yang disuntikkan ke dalam tubuh agar tubuh dapat mengolah kadar gula dengan baik), atau cara kedua yaitu diet karbohidrat.

Saat ini diet karbohidrat sedang marak diterapkan pada penderita diabetes karena selain lebih ekonomis dan praktis, diet karbohidrat itu sendiri didesain khusus untuk mengatur pola makan dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh penderita diabetes. Semakin kecil jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh maka akan sebaik, namun tentunya masih dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktifitas sehari hari.

Diet Rendah GulaDiet karbohidrat merupakan metode yang baik karena diet ini menghitung dengan akurat komposisi makanan yang dikonsumsi. Diet karbohidrat itu sendiri berupa seperti :

1. Mengkonsumsi karbohidrat / zat gula kompleks
Penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang lebih ramah terhadap penderita diabetes. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan dalam beras merah atau oatmeal yang mudah ditemukan di pasar. Akan lebih baik lagi jika lauk yang disiapkan diganti dengan sayuran karena tidak mengandung lemak jenuh sehingga komposisi makanan akan lebih seimbang.

2. Mengurangi kadar sodium dan natrium ( garam)
Kurangi asupan garam yang digunakan dalam masakan. Tidak hanya garam namun bumbu yang berfungsi sebagai pengasin makanan seperti kecap asin maupun manis. Garam yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh dapat memberat kerja jantung dan memicu hipertensi.

3. Berolahraga
Olahraga yang dikhususkan untuk penderita diabetes adalah jogging atau jalan sehat. Disarankan penderita diabetes tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat karena dapat membakar kadar gula tubuh lebih cepat sehingga mengakibatkan tubuh cepat lemas

4. Tidak merokok
Bagi penderita diabetes yang merokok sebaiknya segera berhenti karena kebiasaan merokok menyebabkan racun masuk ke dalam ubuh dan merusak tubuh. Selebihnya masyarakat tahu bahwa merokok tidak akan memberikan keuntungan lebih banyak dibandingkan kerugian yang didapat.

5. Pantang daging dan jerohan
Pantang daging dan jerohan ditujukan karena lemak jenuh yang berada dalam daging seperti sapi yang kaya lemak jenuh dapat menyebabkan tubuh kesulitan memecah lemak dan akibatnya menyebabkan penyakit kolesterol. Untuk mendapatkan lemak essensial yang dibutuhkan tubuh dapat diambil dari susu rendah lemak dan ikan yang kaya akan lemak essensial dan baik bagi otak serta syaraf.

Info Lebih Lanjut silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Penderita diabetes juga disarankan untuk mengkonsumsi 1 tablet POLLENERGY setiap pagi untuk menjaga agar tubuh senantiasa segar dan berenergi sepanjang hari dan 3×1 tablet BEE PROPOLIS pagi, siang dan malam untuk menjaga agar sistem metabolisme tubuh senantiasa terjaga dengan baik, sekaligus melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung serta sebagai antibiotika alami yang mempercepat penyembuhan radang/infeksi pada tubuh.

Apabila terjadi luka pada permukaan kulit (gangren) yang cenderung basah dan susah sembuhnya, disarankan menggunakan juga Aloe Propolis Cream untuk mempercepat proses pengeringan luka sekaligus mencegah agar tidak sampai mengalami infeksi yang membahayakan.