Diet Untuk Anak Hiperaktif

Posted on

Hiperaktif atau ADHD merupakan kondisi yang disebabkan karena adanya gangguan pada otak dan sistem syaraf manusia sehingga menyebabkan orang hiperaktif mengalami kesulitan dalam melakukan aktifitas normal pada umumnya karena selalu melakukan gerakan meskipun dalam skala kecil seperti memainkan tangan atau kakinya sendiri.

Hiperaktive terjadi karena gangguan pada otak yang mengkontrol tubuh manusia, maka tidak heran jika penderita hiperaktif khususnya anak-anak sangat kesulitan dalam berkembang.

Berhubungan dengan penderita hiperaktif, terlambatnya perkembangan khususnya pada anak dapat menyebabkan anak tertinggal dalam pelajaran baik di sekolah maupun dalam proses kehidupan. Jika hiperaktif tidak segera ditangani dengan baik, maka keterlambatan perkembangan ini dapat mempengaruhi kualitas hidupnya hingga dewasa.

Penderita hiperaktif baik dewasa maupun pada anak anak dapat dikendalikan. Meski demikian kondisi ini masih tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Mengendalikan hiperaktif dapat berbagai macam yaitu bisa menggunakan cara bio-medis yaitu dengan menggunakan obat-obatan medis yang ditujukan untuk meredam gangguan.

Bisa juga melalui alur kebiasaan, yaitu mengubah dan mengatur kebiasaan anak sehingga otak anak hiperaktif dapat dilatih sedikit demi sedikit untuk meredam aktifitas yang berlebihan.

Yang ketiga adalah dengan menjaga makanan. Metode makanan adalah metode yang sama efektifnya dengan terapi dan jauh lebih ekonomis. Terapi lewat makanan adalah menjalankan diet yang dikhususkan untuk penderita hiperaktif, dengan menata komposisi yang seimbang maka penderita hiperaktif dapat diredam.

Bahan Makanan Bebas Gluten

Contoh makanan yang merupakan pantangan untuk penderita hiperaktif :

1. Pewarna makanan
Pewarna makanan sintetik yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam memproduksi makanan kesukaan anak kecil. Sangat perlu diwaspadai karena pewarna makanan sintetik ini dapat menyebabkan reaksi hiperaktif kambuh sehingga orang tua harus benar benar menyeleksi makanan atau minuman berwarna agar tidak sampai dikonsumsi.

2. MSG
Vetsin atau MSG merupakan zat karsinogenik yang banyak ditemukan dalam segala jenis makanan. MSG yang dikonsumsi oleh anak hiperaktif meskipun sangat sedikit dapat menyebabkan gangguan otak kembali muncul. Akibatnya anak akan kesulitan untuk dikontrol, sehingga MSG sangat perlu untuk dihindari meskipun itu hanya sedikit.

3. Gula atau makanan yang manis
Hiperaktif pada anak merupakan gangguan yang disertai dengan ketidakmampuan tubuh mengelola karbohidrat yang merupakan energi untuk aktifitas sehari-hari. Jika penderita hiperaktif terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat baik yang berasal dari nasi dan gula, maka kekuatan anak hiperaktif akan sangat berlebih yang akibatnya anak akan terlalu aktif sebagai bentuk penyaluran energinya ini. Salah satu diet utama hiperaktif adalah diet ketat karbohidrat. Sebisa mungkin asupan karbohidrat anak tidak melebihi batas. Kelebihan zat gula atau karbohidrat pada anak autis akan sama dengan menimbulkan sumber tenaga hiperaktifnya.

4. Alkohol dan kafein
Alkohol dan kafein tidak hanya terdapat pada minuman keras atau kopi. Pada produk makanan tertentu bisa saja mengandung alkohol atau kafein dalam jumlah tertentu. Makan inilah yang tidak boleh dikonsumsi karena dapat menyebabkan reaksi hiperaktif.

5. Garam
Garam jugs dapat menyebabkan hipertensi pada anak hiperaktif, selain itu asupan garam yang berlebih juga tidak baik bagi hiperaktif dan kondisi kesehatan anak.

Kejelian dalam menyeleksi makanan bagi anak hiperaktif diperlukan agar gangguan hiperaktif pada anak dapat dikontrol. Maka makanan seperti mentega, umbi umbian, coklat, keju, seafood, kacang dan makanan lain tidak boleh dikonsumsi jika ingin kondisi hiperaktif tidak kambuh.

SARAN PENTING:
Berikan pada anak hiperaktif setiap pagi 2 tablet suplemen HD Kids 3 sebelum makan. Suplemen ini 100% terbuat dari bahan alami perlebahan dengan kandungan Royale Jelly, Bee Propolis dan Bee Pollen yang bermanfaat membantu untuk meningkatkan koordinasi motorik, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menstabilkan emosi, meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit, dan memenuhi kekurangan nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari.

Sebagai pengganti gula dan karbohidrat, berikan CLOVER HONEY yang merupakan madu gurun murni yang AMAN DIKONSUMSI oleh anak berkebutuhan khusus. Clover Honey memiliki manfaat untuk memberikan nutrisi penting pada tubuh, meningkatkan penyerapan makanan, memperbaiki sistem pencernaan sehingga anak tidak mudah sembelit/diare, menetralkan asam lambung, membantu meredakan demam lebih cepat dan sebagai pereda batuk alamiah.

Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F untuk Info Lebih Detil

Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F untuk Info Lebih Detil