Hangi – Makanan Khas New Zealand

Posted on

Makanan khas masyarakat lokal setempat (suku Maori) yang patut dicoba saat berkunjung ke New Zealand adalah HANGI FOOD.

Jenis makanan yang satu ini sebenarnya terbuat dari bahan makanan biasa seperti daging, kentang manis (kumara) dan sayuran. Namun yang membedakan adalah cara memasaknya yang unik.
Hangi sebenarnya merupakan cara memasak makanan yang telah dilakukan oleh masyarakat suku Maori selama berabad-abad. Metode memasak a la Hangi adalah memasukkan berbagai bahan makanan mentah yang sudah dibumbui dan dibungkus dedaunan ke dalam sebuah lubang besar di bawah permukaan tanah yang memiliki panas vulkanik. Setelah semua bahan makanan tersebut ada di dalam lubang, maka permukaan tanah ditutup dengan bebatuan dan juga dedaunan selama beberapa saat (biasanya bisa memakan waktu antara 30 menit hingga 1 jam lamanya).
Makanan a la Hangi bisa Anda coba ketika berkunjung ke daerah Rotorua yang dikenal memiliki banyak area vulkanik (panas bumi). Biasanya makanan jenis ini disajikan oleh hotel-hotel yang ada di sana saat malam hari lengkap dengan pertunjukan musical dan tari-tarian khas Maori. Benar-benar sebuah pengalaman unik khas Maori yang jangan sampai Anda lewatkan deh…

Hangi Food
Satu porsi makanan HANGI

Catatan: Beberapa waktu lalu saat memimpin rombongan tur ke New Zealand, beberapa peserta dalam rombongan saya mengaku sakit perut (kembung) setelah memakan masakan Hangi ini. Saya sendiri sih nggak mengalami masalah serupa dengan mereka. Dugaan saya, mungkin ada beberapa jenis makanan yang belum masak benar ketika disajikan. Atau bisa jadi perut mereka belum terbiasa saja dengan makanan tersebut.

Selanjutnya, temukan keunikan dan pesona lain dari New Zealand dalam serial ebook panduan bagaimana merencanakan dan melakukan perjalanan hemat nan independen ke negeri Kiwi ini yang berjudul TravelHemat New Zealand di situs TravelHemat.com <<< KLIK!