Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Posted on

Salah satu mimpi buruk wanita adalah terkena penyakit kanker payudara. Ketika wanita didiagnosis oleh dokter dan dinyatakan menderita kanker payudara maka secara tidak langsung wanita tersebut seolah lah harus mempersiapkan diri dan mental untuk kehilangan payudara mereka. Kanker payudara sendiri merupakan penyakit yang bertanggung jawab sebagai penyakit yang banyak membunuh wanita yang kurang sadar akan adanya kanker payudara yang diderita oleh tubuh mereka.

Kanker payudara juga nampaknya perlu diwaspadai karena kanker payudara merupakan penyakit laten yang hampir semua wanita dari muda hingga tua dapat terkena kanker payudara jika tidak menjaga tubuh mereka dengan baik.

propoelix-plus

Kanker payudara sama dengan kanker lainnya. Kanker payudara terjadi karena adanya sel kanker yang terdapat pada jaringan payudara wanita. Sel yang mengalami kanker payudara akan berkembang dengan cepat dan jika tidak ditangani dengan cepat dapat dipastikan kanker payudara dapat menjalar kebagian tubuh lain dan dapat menyebabkan kematian. Jika seseorang divonis menderita kanker payudara maka hampir 100% wanita tersebut harus mengerahkan segalanya baik fisik,waktu,psikis,dan material untuk berusaha sembuh dari kanker payudara.

Sebagai wanita yang merupakan korban utama dari kanker payudara harus waspada akan gejala kanker payudara. Tidak waspada akan kanker payudara dapat menyebabkan penyakit kanker semakin cepat berkembang dan akhirnya dapat buruk.

testi-propoelix-kanker-paru-stadium-4

Cara yang paling mudah untuk melihat gejala pada payudara adalah :
1. Adanya benjolan atau gumpalan yang keras dalam payudara. Terkadang benjolan tersebut tidak nampak mata namun jika ditekan cukup dalam maka benjolan dapat terasa. Benjolan tersebut merupakan cikal bakal dari kanker payudara. Jika dideteksi dengan segera maka tidak perlu pengangkatan payudara, namun jika terlambat maka payudara perlu diangkat agar tidak menjalar kemana mana.

2. Adanya bercak atau perubahan warna pada puting susu. Bercak atau warna biru kehitaman yang berada pada payudara dapat menjadi tanda adanya kanker payudara. Selain itu puting susu juga dapat berubah warna dan nampak seperti masuk ke dalam. Dan biasanya payudara terasa sakit dan tidak nyaman, jika merasakan hal ini maka harus dengan segera memberikan diri ke dokter untuk diperiksa agar tidak sampai parah.

3. Adanya cairan yang keluar dari payudara. Cairan yang keluar dari payudara dapat berupa cairan yang bercampur darah atau nanah, dengan adanya nanah menandakan adanya infkesi di dalam payudara yang harus segera ditangani jka tidak ingin berakibat fatal.

Dengan mengetahui dan mendeteksi kanker payudara secara dini maka resiko kanker payudara dapat berkurang hingga 73%. Hal ini dapat terjadi karena kanker payudara yang masih berada pada stadium awal yang masih dapat ditangani dengan mudah. Namun jika kanker dibiarkan dan menjalar maka untuk mengangkat payudara pun terkadang masih sulit untuk hidup karena sel kanker yang awalnya hanya berada di payudara sudah menjalar ke berbagai tubuh.

Sebagai wanita menghadapi kanker payudara tidaklah menakutkan jika anda dapat merasakan gejala dan menghiraukan sinyal yang dikirim oleh tubuh. Sebagian kasus orang yang meninggal karena kanker payudara adalah terlambatnya penanganan dan kurangnya kepedulian atas kanker sehingga kebiasaan meremehkan menjadi boomerang jika sadar bahwa ada sesuatu yang salah namun tidak mengambil tindakan dengan segera.