Kenali Perbedaan Penyakit Maag dan Serangan Jantung

Posted on

Sakit maag adalah salah satu penyakit yang cukup popular di masyarakat Indonesia, pasalnya masyarakat Indonesia kurang menjaga makanan yang dikonsumsi sehari hari ditambah dengan masakan Indonesia yang didominasi oleh minyak, pedas dan kecut yang merupakan pemicu asam lambung penyebab sakit maag.

Banyaknya penderita maag juga menganggap penyakit maag sebagai penyakit yang tidak membahayakan jiwa dan akibatnya banyak penderita maag yang menjadi kronis akibat tidak adanya penangan yang serius.

Tingginya asam lambung diakibatkan oleh jam makan yang berubah ubah. Lambung adalah organ yang mengolah makanan dan wajib diisi oleh makanan dalam waktu tertentu misal 4 hingga 5 jam. Ketika orang melebihi jam makan maka asam lambung yang diproduksi lambung akan menumpuk dan mengakibatkan sensasi kenyang yang adalah sakit maag.

Pada beberapa orang yang mengalami sakit maag akut dapat menyebabkan gangguan hebat lain seperti gangguan pada jantung bahkan hingga menyebabkan pingsan. Banyak diantara masyarakat yang salah membedakan antara serangang jantung dan gangguan jantung saat maag menyerang.

Bagi penderita maag kronis gangguan jantung menjadi hal yang wajar akibat asam lambung yang sudah terlalu parah sehingga tubuh tidak dapat menahan dan jantung menjadi dampak asam lambung tinggi.

Untuk membedakan serangan jantung dan gangguan jantung pada maag dapat diperhatikan dengan memperhatikan gejala maag seperti bersendawa, kehilangan nafsu makan dan memantau makanan yang kita makan. Sebagai contoh ketika kita mengkonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung seperti ketan, mie, sambal dan setelahnya jantung kita terasa tidak nyaman maka dapat dipastikan maag yang timbul menyebabkan gangguan pada jantung.

Pada kasus parah jantung penderita maag saat kambuh dapat kehilangan keseimbangan dan pingsan saat itu juga. Yang dikhawatirkan adalah proses yang berulang ulang akan merusak jantung sedikit demi sedikit dan dapat merenggut nyawa penderita maag.

Meskipun secara sepintas hampir sama namun gangguan jantung akibat penyakit jantung dan maag berbeda. Serangan jantung terjadi pada manusia yang berpotensi memiliki serangan jantung misal dari kadar kolesterol, menjalani gaya hidup tidak sehat, kurang berolahraga, obesitas dan faktor lainnya.

Serangan jantung yang terjadi juga membahayakan dan tidak dapat diprediksi namun pada pengidap maag muncul ketika asam lambungnya meningkat ketika asam lambung tidak meningkat maka jantung tidak akan mengalami gangguan. Selain itu serangan jantung yang sesungguhnya akan hilang jika ditangani oleh medis, pada penderita maag dengan mengkontrol asam lambung secara berkala maka serangan jantung tidak akan muncul selama asam lambung berada pada ambang normal.

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Mengatasi sakit maag meskipun mudah namun butuh kedisiplinan diri. Sakit maag sebagian besar muncul akibat jam makan yang tidak teratur yang kemudian makan dalam jumlah banyak. Dengan menata jadwal makan yang tepat dan pantang pemicu asam lambung maka secara berkala lambung akan membaik. Jika serangan jantung akibat maag terus menerus muncul maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter dan menerangkan secara jelas agar dapat mengatasi penyakit maag dengan tepat.