Kiat Atasi Anak Terlambat Bicara

Posted on

Pada umumnya balita yang berumur kurang lebih 12 bulan akan memulai untuk mencoba bicara. Upaya untuk bicara muncul pada bayi karena ada sesuatu yang disebut sebagai keinginan untuk berkomunikasi yang wajar muncul pada manusia. Setiap bayi akan memulai bicara jika mereka umur mereka cukup dan dengan sendirinya kemampuan bicara akan meningkat sedikit demi sedikit.

Bahan Makanan Bebas Gluten

Namun pada banyak sekali anak yang mengalami terlambat bicara, terlambat bicara pada anak anak juga sangat bervariasi. Ada anak yang terlambat bicara hingga 1 – 2 tahun yang cukup langka, namun kebanyakan keterlambatan bicara hanya berkisar pada 3 – 5 bulan.

Keterlambatan bicara pada anak dapat terjadi karena adanya gangguan atau kelainan pada anak yang menghambat kemampuan bicaranya, atau keterlambatan bicara yang muncul tidak disebabkan oleh kelainan pada anak anak dan biasanya penanganan dan faktor penyebabnya dapat diatasi dengan mudah.

Orang tua perlu mewaspadai apa yang menjadi penyebab keterlambatan bicara pada anak. Jika keterlambatan yang muncul karena adanya kelainan pada anak yang menyebabkan gangguan yang terlihat secara fisik seperti kelainan pada ukuran kepala, gangguan pada bicara, autisme, atau penyakit kelahiran yang sering diidap oleh anak.

Jika penyebabnya adalah penyakit maka upaya selanjutnya adalah menangani penyakit yang menjadi penyebab. Namun jika keterlambatan bicara pada anak tidak dikarenakan oleh kelainan maka orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena keterlambatan bicara pada anak sudah wajar dan umum jika anak terlambat bicara beberapa bulan.

Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Faktor penyebab keterlambatan bicara pada anak dapat bermacam macam seperti :
1. Kurangnya interaksi komunikasi
Anak kurang melakukan interaksi komunikasi yaitu mendengar pembicaraan atau orang yang berbicara dengan sia anak. Kurangnya interkasi tersebut menyebabkan anak kurang memiliki keinginan untuk berbicara sehingga berakibat untuk terlambat bicara.

2. Kurang berinteraksi terhadap lingkungan
Anak yang tertutup terhadap dunia luar cenderung sulit menerima hal baru akibatnya ia kurang tertarik untuk melakukan komunikasi dengan dunia luar, anak yang tertutup harus segera diperkenalkan dengan dunia luar

3. Kurangnya stimulasi dari orang tua
Orang tua yang kurang mengajak anak bicara kerap menjadi kendala keterlambatan anak bicara.

Untuk mengatasi keterlambatan bicara pada anak, orang tua tidak perlu melakukan usaha yang berlebihan. Mengatasi anak terlambat bicara dapat dibilang mudah maupun sulit tergantung dari peran orang tua dan bakat dari anak sendiri. Di luar bakat anak, orang tua harus banyak banyak melakukan perannya yang dapat memicu kemampuan berbicara anak. Salah satu usaha untuk memicu kemampuan bicara anak adalah :
1. Biasakan mengajak bicara pada anak
Mengajak bicara pada anak meskipun anak belum mampu membalas bicara dapat membantu merangsang anak untuk bicara sehingga dengan demikian anak yang dulunya tidak tertarik untuk berbicara akhirnya dapat bicara karena dipicu oleh orang tua.

2. Berikan anak lingkungan yang kondusif
Lingkungan yang kondusif adalah taman kanak kanaka tau tempat yang banyak anak seusianya, biasanya anak seusia akan lebih cocok dan sangat membantu sekali agar anak dipicu untuk berkomunikasi. Lingkungan yang demikian akan membantu anak untuk bersosialisi dengan sebayanya sekaligus belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Perbanyak waktu bersama
Perbanyak waktu bersama dengan anak seperti membacakan buku, bersenda gurau atau hanya sekedar bermain bersama. Aktifitas tersebut dapat merangsang otak untuk melatih otak dan otot yang dibutuhkan untuk berkomunikasi, karena bagaimanapun juga komunikasi adalah esensi dasar dari manusia.

testimoni kids3 utk anak autis photo TestiAnakADHDHiperaktifKids3CH.jpg

tingkatkan kecerdasan photo TestiKids3.jpg

testimoni ch+kids3 photo testianak5thautis-susahkomunikasi-susahdikendalikanchkids3.jpg

testimoni anak susah makan photo TestiElykemajuanpesathanyakonsumsiKids3CH5hari.jpg