Makanan Bebas Gluten Untuk Autisme

Gangguan autisme merupakan kondisi pada manusia yang menyebabkan kesulitan untuk melakukan komunikasi dan bersosialisasi yang dapat berujung pada keterlamabatan perkembangan. Banyaknya kasus autisme pada anak kecil yang akhirnya menyebabkan keterlambatan pertumbuhan jiwa dan mental pada anak autisme dibandingkan pada anak lain yang sebaya.

Karena perbedaan kondisi ini kerap membuat anak dengan autisme sulit bisa bergaul dengan baik bersama teman-teman sebayanya. Anak dengan autisme membutuhkan perhatian dan perawatan lebih dibandingkan dengan anak lain pada umumnya baik kasih sayang orang tua maupun kesehariannya yang dimulai dari menu makanan.

Menu makan anak autisme harus dijaga agar asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dapat mendukung tubuh untuk melakukan kinerjanya secara optimal. Ini tidak berarti segala makanan yang baik harus dikonsumsi karena penyandang autisme tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan seperti layaknya anak lainnya.

Makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh penyandang autisme adalah makanan bebas gluten. Gluten adalah kandungan yang terdapat pada berbagai makanan yang kita temui sehari hari seperti sereal, roti, susu dan makanan yang mengandung biji gandum dan keluarganya.

Bebas gluten berarti menghindari seluruhnya atau mengganti pola makanan yang 100% tidak mengandung gluten. Dengan demikian maka asupan nutrisi pada anak autis dapat diawasi dengan baik. Secara medis gluten bukanlah senyawa berbahaya yang harus dihindari. Sebaliknya gluten merupakan salah satu nutrisi bagi tubuh yang penting untuk dikonsumsi.

Bahan Makanan Bebas GlutenMakanan bebas gluten perlu dikonsumsi oleh orang yang mengalami alergi gluten atau autisme untuk menekan “antisocial” pada anak autisme. Hingga saat ini medis belum mampu memastikan secara pasti bahwa anak autis yang menjalani diet bebas gluten akan mengurangi gejala autisme meskipun beberapa orang tua mengakui adanya perubahan signifikan pada kemampuan berkomunikasi.

Tujuan mengganti pola makan dengan bebas gluten adalah kebanyakan anak autis mengalami gangguan pencernaan yang tidak dapat mencerna beberapa komponen makanan sehingga dengan merubah komposisinya diharapkan akan membantu pencernaan anak autis.

Orang tualah yang berperan penting saat menjalankan pola bebas gluten bagi anak autis karena kebanyakan orang tua ingin melihat perubahan dalam hitungan hari. Butuh waktu dan komitmen yang kuat serta latihan untuk melatih anak agar terus menerus melatih kebiasaan agar otak anak terbiasa untuk melakukan aktifitas social yang mungkin pada awalnya akan sangat sulit.

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi & Imunitas Anak.  Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi & Imunitas Anak. Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Pemberian pola makan pada anak berkebutuhan khusus dengan mengurangi makanan adalah cara yang salah, karena dengan mengurangi jumlah makanan maka justru tubuh akan menyerap makanan yang masuk dan menyimpan sebagai cadangan. Sehingga cara yang tepat adalah dengan mengganti apa yang dimakan (kualitas diatas kuantitas), dengan demikian pola makan bebas gluten akan membantu anak autis untuk berkembang lebih baik untuk masa depan anak.