Manfaat Madu dan Puasa

Posted on

Berpuasa adalah salah satu kegiatan tubuh yang memiliki banyak manfaat seperti mengatur pola makan serta sistem metabolisme kita, namun seringkali orang yang menjalani puasa mengalami kelelahan akibat tidak mendapat energi untuk melakukan aktifitas. Puasa adalah kegiatan di mana seseorang berhenti mengkonsumsi makanan maupun minuman dalam jangka waktu tertentu, puasa banyak dilakukan untuk tujuan medis maupun hal lain seperti saat Ramadhan. Ketika berpuasa sering kali banyak orang yang salah mengatur makan sehingga kerap puasa justru membuat orang yang menjalankan sakit.

Saat puasa kinerja tubuh kita tidak akan dapat beraktifitas seperti biasa, hal ini dikarenakan kebiasaan yang berubah sehingga tubuh akan terasa lemas. Begitu juga waktu orang yang menjalankan puasa akan makan, pada umumnya orang akan melakukan “balas dendam” sehingga banyak makanan yang dimakan dalam satu waktu. Hal ini dapat berbahaya karena selain tubuh dapat kaget akibat masuknya makanan yang banyak dan juga perubahan gula dalam darah yang langsung naik sehingga akan terasa ngantuk setelah menjalankan puasa.

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Bagi orang yang menjalankan puasa disarankan untuk mengubah sedikit menu karena pada saat berpuasa tubuh kita akan menyerap makanan secara perlahan setelah makanan masuk ke dalam lambung. Contohnya penggunaan pemanis saat berpuasa akan lebih baik dengan menggunakan madu dibandingkan gula. Madu merupakan pemanis alami yang kaya akan manfaat, selain digunakan dalam dunia kuliner madu juga banyak digunakan dalam dunia medis untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Saat berpuasa tubuh akan kehilangan banyak energi sehingga tubuh membutuhkan nutrisi yang dapat diserap dengan baik seperti buah dan madu. Buah dan madu merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh saat berpuasa karena diserap secara perlahan sehingga tubuh tidak akan terasa cepat lapar dan memiliki cadangan energy yang lebih awet.

Manfaat madu tidak hanya sebagai suplai energi namun juga dapat berperan sebagai antibiotic alami yang dapat membersihkan rongga mulut, tenggorokan serta sistem pencernaan manusia yang menjalani puasa. Madu juga dapat merangsang sistem imun tubuh, dengan mengkonsumsi madu sebanyak 1-2 sendok perhari saat berpuasa akan membantu kekebalan tubuh dari penyakit. Selain itu madu juga dapat membantu mengatasi asam lambung yang tinggi saat berpuasa, ketika madu dikonsumsi lambung akan menyerap sedikit demi sedikit sehingga resiko maag akan berkurang. Saat berbuka puasa mengkonsumsi segelas air madu juga akan memberikan kekuatan karena kandungan gula dalam madu yang bersifat sederhana sehingga dapat memberikan energy secara langsung.

Agar dapat menjalankan puasa dengan baik perhatikan juga pola makan, olahraga dengan teratur agar metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik, selain ituperlu berhati hati saat mengkonsumsi madu saat berpuasa karena sangat banyak sekali madu palsu yang beredar di pasar. Madu palsu merupakan madu yang dicampur dengan gula sehingga khasiat madu tidak dapat terasa akibat diganti dengan gula. Penting sekali untuk mencermati produk madu yang akan kita beli agar jangan sampai kita tertipu oleh penjual.