Membersihkan Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Posted on

Kulit wajah memiliki berbagai jenis ada tipe kulit yang berminyak, kulit kering serta kuli yang sensitif. Beda tipe kulit juga akan berbeda pula cara perawatannya dikarenakan setiap jenis memiliki ciri khas tertentu sehingga dengan cara perawatan yang tepat maka akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Perlu diketahui juga setiap jenis kulit akan memiliki permasalahan yang berbeda salah satunya adalah kulit berminyak yang rentan terhadap jerawat, kulit berminyak memiliki resiko terkena jerawat hingga dua kali lipat dibandingkan dengan kulit kering.

APC + Bee Botanics Propolis Facial GelKulit wajah akan memproduksi minyka lebih banyak dibandingkan dengan kulit pada umumnya, karena minyak yang terkumpul pada wajah banyak maka jika tidak dibersihkan secara teratur jerawat dapat muncul. Terlebih jika beraktifitas di luar ruangan dimana polusi udara seperti asap kendaraan dan debu dapat menempel sehingga dapat menambah munculnya jerawat. Jerawat juga dapat muncul jika tubuh kita menahan stress sehingga hormone akan tidak stabil dan menyebabkan jerawat muncul.

Mengatasi kulit berminyak dan jerawat ada trik tertentu agar wajah dapat terus bersih jauh dari jerawat:
1. Mencuci wajah secara teratur
Mencuci wajah merupakan cara yang paling baik karena dengan mencuci wajah secara teratur kotoran dan minyak yang menempel dapat dibersihkan secara terus menerus sehingga jerawat dapat dihindari dengan bebasnya wajah dari kotoran dan minyak.

2. Pola hidup sehat
Istirahat cukup, makan tepat waktu, berolahraga dan manage stress merupakan hal yang penting. Sehingga dengan menjalani pola hidup sehat tubuh akan sehat dan hormone akan tetap stabil yang berarti terhindar dari wajah berjerawat

3. Mengurangi minyak
Minyak yang dikandung dalam makanan juga mempengaruhi produksi minyak, makanan tinggi minyak seperti gorengan akan menyebabkan wajah semakin berminyak. Menghindari makanan dengan kandungan minyak akan membantu mengurangi produksi minyak pada kulit wajah.

Mencuci wajah tidak hanya sekedar mencuci wajah, mencuci wajah haruslah tepat agar minyak dapat tercuci. Mencuci wajah juga harus dengan pencuci wajah yang tepat karena air saja tidak dapat menghilangkan minyak, untuk wajah berminyak disarankan menggunakan pencuci wajah yang memiliki bahan alami sehingga ramah dan cocok untuk wajah berminyak. Gunakan air hangat sebelum mencuci wajah agar pori pori wajah terbuka sehingga saat dicuci kotoran yang masuk ke dalam pori pori dapat dikeluarkan, setelah itu gunakan air dingin untuk menutup kembali pori pori wajah agar kotoran tidak masuk.

Penggunaan scrub pada wajah berminyak sesekali juga dapat membantu mengangkat jerawat kering dan komedo sehingga wajah akan bersih terhindar dari jerawat. Scrub wajah juga tidak boleh terlalu sering karena jika terlalu sering justru akan melukai kulit wajah dan menyebabkan infeksi.