Memenuhi Nutrisi Saat Hamil

Posted on

Kehamilan merupakan suatu proses yang sangat perlu diperhatikan di mana proses kehamilan akan menentukan kesehatan ibu dan bayi. Merawat memerlukan berbagai cara dan usaha agar tidak hanya janin yang sehat tetapi juga sang ibu, karena jika si bayi tidak mendapatkan nutrisi yang wajib dipenuhi maka si janin akan mengambil nutrisi dari sang ibu. Akibatnya dapat menjadi fatal, salah satu contohnya ketika bayi kekurangan kalsium maka janin akan mengambil kalsium dari tulang belakang ibu, dan hal ini dapat mengakibatkan osteoporosis pada usia yang relative lebih cepat daripada umumnya. Untuk itu sangat perlu bagi keluarga baik suami maupun istri untuk mengusahakan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan baik secara fisik maupun psikis.

Kepentingan untuk menjaga agar asupan nutrisi sangat perlu diperhatikan. Nutrisi untuk ibu hamil seperti karbohidrat, protein, asam folat, dll merupakan esensi dasar dalam tumbuh kembang janin. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh, regenerasi sel, serta pertumbuhan otak dan organ. Kegagalan untuk memenuhi nutrisi akan berdampak pada pertumbuhan anak yang tidak optimal, dan juga akan mengancam kesehatan ibu secara tidak langsung. Nutrisi merupakan hal essensial dan wajib dipenuhi, namun selain itu juga diperlukan untuk menjaga hal lain seperti psikologis ibu agar janin tetap bertumbuh dengan optimum.

Paket Nutrisi Kehamilan (CH+Pollenergy)

Nutrisi nutrisi yang wajib dipenuhi akan lebih baik jika mulai dipenuhi dari saat pra , karena pada saat itu tubuh sudah mempersiapkan kehamilan, tubuh akan beradapatasi dengan sendirinya. Nutrisi yang dimaksud seperti :
1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh untuk melakukan aktifitas. Saat kehamilan karbohidrat dibutuhkan untuk melakukan regenerasi sel pada janin. Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, sagu atau umbi umbian.

2. Protein
Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan otak dan organ pada janin. Protein juga akan dibutuhkan untuk meregenerasi sel yang terluka. Protein dapat diperlukan

3. Asam Folat
Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan khusus untuk pertumbuhan otak janin. Asam folat juga tetap dibutuhkan setelah bayi dilahirkan, asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting, selain otak pertumbuhan syaraf juga memerlukan asam folat. Dalam perkembangannya asam folat dibutuhkan 600 – 800 mcg dan butuh untuk dipenuhi selama trisemester pertama. Asam folat dapat ditemukan di sayuran hijau seperti bayam, kol, kentang, tomat dan buah buahan.

4. Lemak
Lemak yang baik dan dibutuhkan adalah lemak essensial, lemak essesial merupakan lemak yang baik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan janin serta menjaga cadangan makanan yang digunakan oleh ibu untuk janin. Lemak essensial seperti Omega 3 atau Omega 6 dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin, lemak essensial dapat ditemukan di makanan ikan laut, biji wijen, minyak kedelai, atau minyak inti sawit.

5. Vitamin
Vitamin juga merupakan unsur penting dalam proses kehamilan. Vitamin B, C dan D diperlukan untuk menunjang kelangsungan hidup janin. Vitamin ini berperan masing masing untuk mengurangi resiko cacat jantung, meningkatkan sistem imun, serta pembentukan tulang dan setiap harinya setidaknya ibu disarankan mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin.

6. Zat besi & Mineral
Zat besi dan mineral dibutuhkan ibu dan janin untuk memproduksi sel darah merah bagi janin dan memperbaiki sel darah merah ibu yang rusak. Zat besi sendiri juga turut mempengaruhi pertumbuhan plasenta.

7. Kalsium
Kalsium jelas dibutuhkan oleh ibu dan anak, bagi ibu untuk mencegah osteoporosis karena saat hamil merupakan saat yang rawan osteoporosis. Sedangkan bagi janin cadangan kalsium dibutuhkan untuk proses pembentukan serta perbaikan tulang.