Memilih Mouthwash (Obat Kumur) yang Tepat

Posted on

mouthwash (kontak)Untuk menjaga kepercayaan diri dalam menghadapi lawan bicara dan tampil di muka umum banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari busana yang akan dikenakan, model rambut yang akan ditata agar dapat memberikan kesan baik, gaya tubuh yang sudah dilatih bahkan sampai yang terkecil sekalipun seperti menggosok gigi agar nafas tidak bau.

Agar memiliki nafas segar ternyata gosok gigi sehari dua kali masih belum cukup karena selain menggosok gigi hanya membersihkan gigi bagian luar, menggosok gigi ternyata hanya membersihkan sebanyak 40% dari rongga mulut. Akibatnya menggosok gigi saja tidak dapat memberikan nafas segar, sehingga dibutuhkan usaha lebih dari hanya sekedar menggosok gigi yaitu dengan menggunakan mouthwash.

Kesehatan mulut sangatlah penting karena setidaknya kita makan dari mulut sehingga makanan yang masuk dapat tetap bersih, selain itu menjaga kesehatan mulut juga akan menghindarikan dari berbagai gangguan mulut seperti sariawan, infeksi maupun peradangan pada tenggorokan.

Menjaga kebersihan mulut haruslah dilakukan agar kesehatan tubuh dan tetap percaya diri.
Mouth wash atau pencuci mulut adalah cairan yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan mulut. Karena mouthwash berbentuk cairan maka mouthwash akan dengan mudah membersihkan seluruh bagian mulut hingga ke sela sela gigi dan gusi yang tidak dapat dibersihkan oleh sikat gigi biasa. Untuk memilih mouthwash pun juga ada tips tips yang harus diketahui :
1. Mengetahui isi dari mouthwash
Sebagian besar mouthwash terpisah menjadi dua jenis yaitu mouthwash dengan bahan dasar alkohol atau non alkohol. Bagi pengguna berkeluarga maka disarankan untuk menghindari mouthwash dengan bahan alkohol karena jika tertelan maka dapat menyebabkan keracunan pada anak. Mouthwash yang dibuat dari bahan alami akan lebih aman digunakan untuk keluarga tanpa mengurangi keefektifan dari mouthwash.

2. Mengetahui kegunaan dari mouthwash
Meskipun tujuan mouthwash sama yaitu mencuci mulut secara bersih namun kandungan pada mouthwash dapat berbeda beda. Mulai dari anti plak, untuk perokok, mengandung fluoride, untuk melindungi gusi dan lain lainnya, oleh karena banyaknya jenis mouthwash maka harus mengetahui kegunaan yang dibutuhkan dan kondisi mulut kita agar keefektifan dari mouthwash dapat benar benar dirasakan

3. Menggunakan dengan benar
Menggunakan mouthwash dengan benar juga harus dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal. Menggunakan mouthwash setelah sikat gigi adalah cara yang tepat, lalu setelah itu gunakan mouthwash untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik agar kotoran dan plak yang menempel pada mulut dapat dikikis dengan baik. Setelah berkumur dengan mouthwash maka jangan berkumur lagi karena kandungan mouthwash masih dapat bekerja untuk membersihkan mulut, jika berkumur dengan air lagi maka dapat mengurangi kinerja mouthwash secara signifikan.