Memilih Pembersih Wajah (Face Wash) yang Tepat

Posted on

Bee Botanics Propolis Facial Wash Gel (keterangan)Memilih sabun pencuci muka terkadang cukup membingungkan, selain terdapat berbagai macam brand yang berbeda dengan keunggulan yang ditonjolkan masing masing, face wash juga diproduksi dalam berbagai macam bentuk mulai dari sabun batang, gel, cleanser, scrub, hingga foam yang terkadang konsumen bingung untuk menentukan pilihan yang tepat.

Pasalnya baik wanita maupun pria akan kehilangan kualitas kulit wajah yang baik jika tidak dirawat dengan benar, contohnya jika wanita yang menggunakan make up setiap hari lalu tidak membersihkannya dengan benar maka kemungkinan munculnya komedo bahkan jerawat.

Pada pria yang aktifitas sehari hari cenderung berada di tempat terbuka maka akan rentan terkena sinar matahari terik, terkena kotoran dan debu serta ditambah kulit berminyak yang dapat mengganggu penampilan.

Dengan demikian maka baik wanita maupun pria harus memperhatikan perawatan tubuh akan dapat mempertahankan kualitas dan kebersihan wajah dengan mencuci wajah menggunakan face wash yang tepat.

Untuk memilih facial wash yang tepat langkah awal yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis kulit. Setiap pribadi akan memiliki jenis kulit yang berbeda yaitu kulit kering, berminyak serta kulit sensitif. Kulit yang berminyak akan memproduksi minyak pada wajah lebih banyak dibandingkan kulit pada normalnya sehingga akan tampak mengkilat. Sebaliknya kulit kering memproduksi minyak kurang dari kulit wajah pada normalnya.

Dengan mengetahui kulit wajah secara tepat maka selanjutnya kita dapat menentukan face wash yang tepat bagi kita. Pada pemilik kulit sensitive maka harus berhati hati menggunakan face wash, karena kulit sensitif dapat terganggu jika salah memilih face wash.

Menggunakan face wash yang tepat dengan memilih pencuci muka yang tepat dapat dimulai dengan melihat komposisi dari pencuci muka. Bagi seseorang yang memiliki kulit kering maka disarankan untuk tidak menggunakan facewash yang mengandung komposisi tinggi alkohol karena dapat membuat wajah semakin kering. Gunakan facewash yang bersifat herbal.

Pada kulit berminyak gunakan facewash yang dapat melarutkan minyak pada wajah dengan baik yaitu facewash yang berPh kecil (di bawah 7), sedangkan pada kulit sensitif hindari penggunaan sabun cuci muka yang menggunakan parfum atau aroma yang terbuat dari bahan kimia karena dapat menyebabkan kulit memerah dan gatal-gatal. Gunakan face wash yang terbuat dari bahan herbal yang alami dan bebas efek samping.

Selain menggunakan facewash yang tepat, untuk menjaga agar kulit wajah tampak cerah dan awet muda hal yang juga perlu dilakukan adalah mencuci muka dengan teratur. Mencuci muka secara teratur adalah mencuci muka pada saat dimana kulit kita terasa berminyak atau kotor pada siang hari dimana kondisi kulit kurang bersih. Penting juga untuk diketahui bahwa kulit wajah pada dasarnya adalah kulit yang lembut, maka jangan memperlakukan kulit wajah sama dengan kulit tubuh karena perlakuan yang kasar pada kulit wajah dapat melukai kulit wajah.