Menangani Jantung Koroner

Posted on

Obesitas, diabetes, hipertensi merupakan penyebab utama penyakit mematikan seperti stroke hingga jantung koroner. Terlebih lagi penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan tiba tiba, orang yang terlihat sehat dan rajin berolahraga juga tidak luput dari serangan jantung. Jantung yang adalah organ vital yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh, jika terjadi sesuatu gangguan maka jantung dapat saja berakhir mematikan.

Serangan jantung juga disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari kondisi jantung yang memang rentan terhadap penyakit atau adanya pola makan yang tidak sehat. Jantung koroner salah satunya, penyakit jantung ini terjadi karena adanya pola makan yang tidak sehat.

Jantung sehat adalah jantung yang dapat menyokong aktifitas manusia sehingga seberat apapun aktifitasnya jantung akan dapat mampu memompa darah agar distribusi oksigen dapat diberikan ke seluruh tubuh. Sedangkan kondisi dimana adanya hambatan atau adanya lemak yang menghambat saluran pada jantung, sehingga ketika jantung gagal memompa karena benar benar terhambat terjadi serangan jantung koroner. Jantung koroner sendiri banyak terjadi karena saluran aorta yang tertutup oleh lemak dan karena tingginya kadar kolesterol dan lemak dalam darah sehingga ketika jantung memompa lemak akan menempel bahkan menutup sehingga terjadi gagal jantung.

Sedia payung sebelum hujan merupakan peribahasa yang cocok karena, pencegahan tentunya lebih baik daripada mengobati setelah terkena serangan jantung. Mencegah sebelum terjadi serangan jantung merupakan hal yang paling baik karena selain jantung tetap sehat karena tentunya tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung. Mengetahui penyebab jantung koroner dan pencegahanya secara tepat dapat menghindarkan kita dari serangan jantung koroner.

Paket Jantung Sehat (BeeProp+RJL+HBP)Penyebab jantung koroner :
1. Kadar kolesterol tinggi
Kadar lemak yang tinggi dalam tubuh akan mengentalkan darah, sementara darah yang kental akan memperberat kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lemak yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah pada jantung. Penyumbatan ini kelamaan dapat menutup aliran darah yang menjadi jantung koroner.

2. Hipertensi
Hipertensi merupakan penyakit karena tingginya tekanan darah pada manusia, hipertensi juga menyebabkan jantung memompa darah terlalu keras sehingga memperberat kinerja jantung. Tekanan hipertensi yang sudah terlampau tinggi dapat menyebabkan otot jantung kram sehingga berhenti berdetak.

3. Obesitas
Obesitas merupakan gangguan berat badan yang sangat berlebihan, penderita obesitas biasanya selain memiliki kolesterol biasanya juga memiliki penyakit lainnya (komplikasi). Keadaan yang seperti ini akan sangat mudah memicu jantung koroner.

4. Usia
Pengaruh usia yang semakin tua maka kekuatan otot jantung yang makin lama akan melemah karena faktor usia.

Dengan mengetahui penyebab jantung koroner maka melakukan tindakan pencegahan akan lebih mudah, usaha pencegahan jantung koroner antara lain :
1. Pola hidup sehat.
Memiliki pola hidup sehat akan mengubah keseluruhan gaya hidup anda menjadi lebih sehat. Karena gaya hidup yang sehat akan menjauhkan dari segala bentuk penyakit juga akan meningkatkan kualitas hidup kita.

2. Tidak merokok
Merokok merupakan aktifitas yang “jahat”, karena selain meracuni diri sendiri orang di sekitar perokok juga teracuni. Diluar hal tersebut rokok sangat banyak mengandung racun yang pastinya akan merusak tubuh. Berhenti merokok merupakan langkah besar menuju hidup sehat

3. Mempertahankan berat badan optimal
Menjaga berat badan akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri selain itu penampilanpun juga baik untuk dilihat. Selain penampilan berat badan yang optimal akan mencerminkan gaya hidup yang sehat.

4. Memeriksakan diri
Melakukan general check up terhadap kondisi tubuh kita, check up dapat memberikan informasi yang akurat sehingga jika ada penyakit atau sesuatu hal yang perlu dikontrol akan lebih mudah dan lebih cepat dideteksi sebelum penyakit itu menjalar ke tempat lain.