Mencegah dan Mengatasi Kista Indung Telur

Posted on

Setiap manusia memiliki gaya hidup yang berbeda tergantung dari kondisi dan bentuk aktifitas yang mereka lakukan. Aktifitas yang seimbang akan memberikan kesehatan dan kebaikan bagi yang menjalankannya. Begitu juga dengan pola hidup yang kurang sehat, pola hidup tidak sehat dapat dipastikan akan menurunkan kualitas hidup dan menyebabkan timbulnya penyakit. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan komplikasi pada manusia, terlebih wanita yang lebih rentan terhadap penyakit. Salah satunya adalah penyakit kista.

Kista merupakan penyakit yang mengganggu indung telur serta saluran indung. Kista sendiri merupakan benjolan yang tumbuh dan berisi cairan, isi cairan dari kista juga berbeda beda tergantung dari kondisi tubuh serta tingkat keparahan kista yang diderita oleh wanita. Isi cairan tersebut dapat berisi cairan yang cair, kental, bercampur darah bahkan jika terdapat infeksi maka isi cairan kista dapat berisi nanah yang tentunya sangat sakit.

Kista sendiri adalah daging tumbuh, namun dari tingkat pertumbuhan daging kista sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis kista. Yaitu kista yang bersifat jinak yaitu kista yang timbul dan akan mengempis dan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu di atasi dengan pengobatan. Lalu kista ganas yang merupakan jenis kista yang perlu ditangani sesegera mungkin, kista yang bersifat ganas akan tumbuh dan bersifat ganas sama seperti tumor.

Penyakit ini menyerang indung telur sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kesuburan serta gangguan siklus datang bulan pada wanita. Kista yang tumbuh dapat membuat wanita sulit mengalami kehamilan, disamping itu kista yang tumbuh pada indung telur akan merusak jadwal datang bulan serta dapat menyebabkan rasa sakit ketika waktu datang bulan tiba.

Kista indung telur sendiri harus segera diangkat melalui tindakan operasi jika sudah sampai pada tingkat yang berbahaya karena jika tidak segera ditangani maka kista dapat merusak seluruh jaringan indung telur sehingga satu satunya cara adalah dengan mengangkat indung telur secara keseluruhan.

Salah satu gejala yang paling mudah untuk mendeteksi ketika kista sudah berada dalam indung telur adalah dengan melihat jadwal datang bulan. Jadwal datang bulan yang sudah tidak teratur (jangka waktu berpindah lebih dari 10hari) maka dapat dipastikan kista sudah menyerang dan sudah dalam tingkat waspada. Sehingga untuk menghadapi kista di mana kista sudah sangat parah butuh kesiapan dan kesadaran agar kista dapat sesegera mungkin dideteksi. Kista yang dideteksi secara dini dan dilakukan penangan secara cepat maka kista dapat dengan mudah disingkirkan.

Sebagian besar kita terjadi karena adalah pola atau gaya hidup yang kurang sehat sehingga kista menjadi tumbuh berkembang dalam indung telur. Untuk mencegah kista cara yang perlu diterapkan sangat mudah karena berhubungan dengan gaya hidup dan pola makan, tidak sampai melakukan perubahan yang terlalu mengkonsumsi biaya.

Cara pencegahan Kista tersebut seperti :
1. Mengkonsumsi makanan bersih. Hindari jajan makanan di luar yang tidak dijaga kebersihannya karena makanan yang kotor dapat menyebabkan kista.

2. Atur jadwal secara seimbang. Pilih dan gunakan waktu secara bijaksana, atur antara kegiatan yang anda lakukan dengan istirahat sehingga tubuh anda tidak sampai terlalu capek.

3. Hentikan kebiasaan merokok atau mengkonsumsi alkohol. Rokok dan alkohol merupakan pemicu utama dan tercepat orang yang mengalami kista, racun yang berada pada kedua benda tersebut dapat berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya lainnya.

4. Pada beberapa kasus kedelai dapat menjadi penyeba kista. Dengan demikian kurangi asupan makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu tempe serta produk olahan kedelai seperti air kedelai. Karena di dalam kedelai ada kandungan zat yang dapat menstimulasi pembentukan kista.

Jika Anda sudah terdeteksi kista, ada baiknya Anda mengkonsumsi suplemen alami berbahan perlebahan murni tanpa efek samping seperti pada gambar di bawah ini.

KLIK untuk Info Lebih Jelas

KLIK untuk Info Lebih Jelas