Mencegah dan Mengatasi Nyeri Sendi

Posted on

Penyakit nyeri sendi merupakan penyakit yang umum diderita oleh seseorang yang mulai memasuki usia paruh baya. Penyakit osteoarthritis (radang persendian) merupakan penyakit nyeri persendian yang berbeda dengan penyakit rematik, namun rasa nyeri yang ditimbulkan mirip sehingga banyak masyarakat yang salah mengartikan osteoartritis dengan penyakit rematik.

Penyakit ostheoartritis merupakan penyakit yang terjadi karena adanya turunnya fungsi jaringan sendi yang bertugas sebagai pelumas antar tulang. Sehingga ketika kita bergerak maka gesekan antar tulang yang terjadi terasa nyeri karena pelumas yang bekerja kurang maksimal.

Penyebab ostheoartritis juga dipercaya karena faktor usia yang semakin hari semakin berkurang karena kurangnya regenerasi sel serta tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat. Biasanya penderita nyeri sendi merupakan orang yang berada dalam keadaan dingin dalam waktu yang lama atau orang yang berkerja berat sehingga sendi yang digunakan dalam waktu lama akhirnya mencapai batas dan terjadilah osteoarthritis.

Berdasarkan gejala dan penyebab penyakit nyeri sendi yang diderita oleh masyarakat, penyakit nyeri sendi timbul karena salah memilih bantalan pada sepatu atau terlalu sering mengangkat benda berat sehingga kelamaan bantalan yang berada di antara tulang mengalami degenerasi dan tidak berfungsi. Selain itu penyakit osteoarthritis juga penyakit yang menurun (faktor gen) namun penyakit ini dapat dipatahkan jika memiliki pola hidup sehat dan rajin berolahraga.

Osteoarthritis menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang biasanya terjadi pada pagi hari setelah bangun tidur atau pada saat malam hari saat suhu dingin. Rasa nyeri yang timbul juga menyebabkan persendian tubuh bengkak dan berwarna ungu kehitaman dan biasanya nyeri dan sekit jika disentuh.

Resiko osteoarthritis lebih tinggi pada penderita obesitas, hal ini terjadi karena berat yang ditopang oleh tubuh melebihi kekuatan tubuh. Selain itu rasa nyeri yang timbul juga terjadi karena adanya penumpukan endapan kristal yang menumpuk pada sendi sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kristal ini didapat saat kita mengkonsumsi makanan terutama gaging dan jerohan, ketika kita mengkonsumsi makanan yang melebihi kekuatan tubuh dalam mengatasi zat purin yang akhirnya menjadi kristal maka nyeri sendi dapat terjadi.

Dengan demikian upaya penyembuhan dan pencegahan osteoarthritis akan lebih mudah dengan melakukan pembenahan terhadap aktifitas dan menu makanan. Salah satu caranya adalah :

TERBUKTI EFEKTIF Mengatasi Nyeri Sendi Secara AMAN. Klik Untuk Info Lebih Detil.

TERBUKTI EFEKTIF Mengatasi Nyeri Sendi Secara AMAN. Klik Untuk Info Lebih Detil.

1. Menghindari konsumsi daging berlebih. Selain dapat menyebabkan osteoarthritis, konsumsi daging yang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya lain seperti kolesterol hipertensi dan dapat berujung pada stroke.

2. Berolahraga dengan benar. Berolahraga memang baik namun berolahraga berat dan tidak disertai dengan peralatan yang benar maka lapisan sendi dalam tubuh dan menerima dampak karena tekanan dan gesekan antar tulang yang dapat menyebabkan lebam dan nyeri sendi.

3. Mengkonsumsi makanan atau multivitamin ALAMI TANPA ZAT KIMIA PENGAWET yang mengandung glukosamin sulfat dan kondroitin. Secara garis besar kedua zat ini dapat membantu regenerasi sel dan memperbaiki sel sendi serta membantu tubuh untuk melumasi sendi antar tulang.

4. Istirahat cukup. Ketika melakukan aktifitas yang berat dan lama maka usahakan untuk memberi jeda agar tubuh anda dapat beristirahat sejenak.

Sebelum nyeri sendi menyebabkan penurunan kualitas hidup maka lebih baik kita mencegah dengan menata dan memperbaiki kualitas hidup kita. Karena ketika nyeri sendi menyerang selain anda terganggu maka pekerjaan anda juga dapat terganggu. Dengan menyayangi dan merawat diri kita maka akan lebih baik daripada mengobati.