Mengapa Anak Terlambat Bicara

Posted on

Setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda beda, baik dari segi kepintaran maupun kemampuan untuk melakukan sesuatu. Perbedaan setiap manusia ini menyebabkan perbedaan kemampuan pembelajaran setiap manusia, hal ini dapat langsung segera dilihat saat masa balita dimana balita yang memiliki daya serap lebih tinggi akan mampu berkembang lebih awal dan lebih cepat dibandingkan dengan balita pada umumnya.

Berbagai faktor sangat mempengaruhi tingkat pembelajaran pada anak balita baik dari dalam balita maupun dari lingkungan eksternal balita yang juga memiliki pengaruh besarpada balita. Salah satu sekian banyak kemampuan yang berbeda beda pada balita adalah kemampuan berbicara, kemampuan berbicara pada balita adalah kemampuan balita untuk mengucapkan kata pertama kali dan kemampuan balita untuk berkomunikasi secara verbal.

Sangatlah normal bagi seorang balita untuk mengalami keterlambatan bicara, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti :
1. Kemampuan balita
Daya tangkap dan kemampuan balita untuk berusaha berbicara sangat mempengaruhi kecepatan berbicara balita. Semakin cerdas mengolah kemampuan bicaranya maka akan semakin awal balita dapat berbicara, begitu pula sebaliknya. Kemampuan ini tidak dapat dipengaruhi dari luar karena berasal dari kemampuan dasar balita sendiri.

2. Interaksi lingkungan
Interaksi balita dengan lingkungan terutama lingkungan keluarga turut mempengaruhi kemampuan bicara balita. Lingkungan kondusif yang mengajak balita untuk membalas komunikasi akan menstimulasi otak balita untuk melakukan komunikasi baik secara verbal maupun non verbal.

3. Peran orang tua
Mengajak anak berkomunikasi dengan bermain dengan anak juga menstimulasi kemampuan bicara anak. Pada dasarnya anak akan mengutarakan keinginannya untuk menyampaikan sesuatu, dengan mendukung anak untuk berbicara atau setidaknya dengan menggunakan bahasa tubuh dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan lidah untuk berbicara.

4. Gangguan atau Penyakit
Adanya gangguan pada balita yang mengganggu sistem syaraf motorik pada balita baik pada bagian otak maupun kelainan pada bagian mulut dapat menganggu kemampuan bicara balita sehingga akibatnya balita dapat sangat terlambat untuk berbicara. Anak berkebutuhan khusus seperti autisme, adhd, hiperaktif, dan add, biasanya juga mengalami gangguan komunikasi verbal. Penting peran orang tua untuk membedakan antara gangguan atau keterlambatan yang normal dengan kondisi lainnya. Jika memang terdapat gangguan penyakit maka balita harus segera diperiksakan agar dokter dapat langsung segera mengatasinya.

Suplemen AMAN untuk Tingkatkan IMUNITAS + Maksimalkan Kinerja Syaraf Motorik Anak. Info: SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Suplemen AMAN untuk Tingkatkan IMUNITAS + Maksimalkan Kinerja Syaraf Motorik Anak. Info: SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Agar anak cepat berbicara maka terus ajak anak berkomunikasi misal dengan mengajak bicara, meskipun anak tidak merespon secara verbal namun sedikit demi sedikit anak akan belajar untuk mengucapkan kata kata. Menggumam juga dapat menjadi pertanda yang baik bagi balita karena anak setidaknya dapat menangkap dan berusaha membalas komunikasi yang dirasakan oleh anak. Di luar hal ini masih banyak pertimbangan mengapa anak dapat terlambat belajar, apakah karena kurangnya interaksi komunikasi antar anak dengan orang tua atau sesama anak, kurang dipenuhinya nutrisi sehingga pertumbuhan anak tidak dapat maksimal akibat malnutrisi dan berbagai macam alasan lainnya. Penuhi gizi anak serta ajak anak terus berkomunikasi maka anak cepat atau lambat dapat berbicara.

Untuk membantu memaksimalkan perkembangan dan kinerja sistem syaraf motorik pada balita, disarankan untuk diberikan 1 tablet Kids3 untuk balita usia 1 tahun, dan 2 tablet Kids3 untuk balita usia 2 tahun ke atas setiap pagi.