Mengatasi Bekas Luka Cacar Air

Posted on

Penyakit cacar air kerap meninggalkan bekas luka yang sulit ditangani bahkan sering menjadikan kurang percaya diri. Penyakit cacar air adalah penyakit yang menyebabkan ruam berwarna kemerahan di seluruh tubuh termasuk kepala dan wajah dan berisi cairan.

Penyakit ini sangat mudah menular dan proses penularannya dapat melewati air dan udara. Meskipun penyakit ini sangat menular dan menganggu, penyakit ini hanya terjadi satu kali saja selama hidup karena setelah sembuh tubuh akan memproduksi antibodi terhadap virus cacar air. Selain itu penyuntikan vaksin akan membantu pertahanan tubuh.

Yang juga ditakuti dalam penyakit cacar air adalah bekas luka yang tertinggal saat ruam cacar air pecah dan mengeluarkan cairan. Pecahnya cacar air dapat menyebabkan bekas luka permanen pada tubuh penderitanya. Luka pada cacar air tidak muncul begitu saja namun luka tersebut terjadi jika digaruk.

Karena ruam merah yang muncul terasa gatal maka sering kali penderita secara tidak sadar menggaruk dan menyebabkan ruam semakin menyebar dan meninggalkan bekas luka. Jangka waktu penyembuhan yang lama pada pencerita cacar air sering menjadi faktor utama banyaknya luka yang tertinggal pada tubuh. Semakin lama periode sakit cacar airnya maka akan semakin terasa gatal dan keinginan untuk menggaruk akan semakin kuat yang pada akhirnya akan meninggalkan banyak bekas luka di sekujur tubuh.

Untuk menghindari bekas luka pada cacar air yang paling utama adalah berhenti menggaruk. Menggaruk dapat membuka pori-pori kulit yang merupakan celah bagi kotoran dan bakteri untuk masuk.

Selain itu saat menggaruk kuku yang tidak bersih juga akan menyebabkan infeksi. Berhenti menggaruk maka bekas luka dapat dihindari.

Info Lebih Lanjut, Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Cara untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan cacar air yaitu :
1. Oleskan Aloe Propolis Cream
Oleskan krim Aloe Propolis pada permukaan luka cacar air secara teratur 3-4 kali sehari. Krim ini bermanfaat meredakan gatal yang ditimbulkan oleh cacar air, mencegah cacar air menjadi lebih parah, mempercepat infeksi mereda, mempercepat pengeringan luka yang ditimbulkan sekaligus mencegah bekas luka yang terjadi agar tidak menjadi permanen.

2. Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat akan membantu menghilangkan sensasi gatal, setelah mandi dengan air hangat siram tubuh dengan air dingin untuk mencegah tubuh berkeringat. Berkeringat akan menyebabkan rasa gatal, oleh justru itu hindari tubuh sampai berkeringat dengan menjemur atau berada di ruangan yang dingin dan dengan aliran udara yang sejuk.

3. Gunakan antiseptic
Pengunaan antiseptic pada saat mandi atau mencuci muka akan membantu membunuh bakteri penyebab gatal dan membantu mengeringkan luka pada cacar air. Penggunaan antiseptic dapat digunakan setiap hari hingga sembuh dari cacar air.

4. Mengkonsumsi Bee Propolis
Bee Propolis adalah antibiotika alami, anti radang dan anti virus yang manjur untuk mempercepat proses penyembuhan cacar air dari dalam. Konsumsi 3-4 tablet perhari sesuai kebutuhan agar sakit cacar air bisa lebih cepat tersembuhkan.

Ketika terkena cacar air dan khawatir akan meninggalkan bekas luka maka yang paling penting adalah jangan menggaruk karena semakin menggaruk ruam yang gatal dapat dipastikan bekas luka akan semakin melebar.