Mengatasi Dispepsia (Dyspepsia)

Posted on

Dispepsia adalah kondisi di mana sistem pencernaan manusia mengalami gangguan sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri serta panas pada bagian ulu hati. Dispepsia dikenal masyarakat sebagai penyakit maag yang sangat akut. Dispepsia disebabkan oleh tingginya asam pada lambung, asam ini menyebabkan rasa nyeri, melilit serta terasa penuh pada perut meskipun belum makan makanan.

Jika dibiarkan kelamaan dyspepsia dapat menyebabkan berbagai macam gangguan lain seperti gangguan pada usus bahkan kanker lambung jika dyspepsia tidak segera diatasi.

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Hampir setiap orang dewasa pernah mengalami dyspepsia atau sakit maag yang terjadi akibat perubahan pola makan pada tubuh. Mengganti jam makan terlalu sering atau tidak makan tepat waktu asam lambung dapat meningkat, hal tersebut dikarenakan kebiasaan lambung yang akan terus mengisi asam lambung. Jika lambung tidak diisi maka asam yang terkumpul dapat melukai lambung itu sendiri oleh justru itu penting sekali untuk tetap mengisi lambung setiap 4 jam sekali.

Sakit maag yang sangat akut atau dyspepsia pada awalnya tidaklah terlalu mengganggu sehingga kebanyak orang menganggap sebagai permasalahan yang tidak serius namun jika terus menerus dibiarkan kelamaan asam dapat menimbulkan luka pada lambung. Luka tersebut dapat menjadi infeksi yang tentunya akan menjadi permasalahan serius dan dapat menganggu keseluruhan sistem pencernaan. Dispepsia dapat disebabkan tidak hanya karena gangguan asam namun juga dapat disebabkan oleh intoleransi beberapa bahan kimia yang terdapat pada obat kimia, adanya bakteri pada lambung yang menyebabkan tidak hanya dyspepsia namun juga gastritis yaitu perut kembung akibat terlalu banyak gas yang dihasilkan dari aktifitas bakteri.

Banyaknya penyebab gangguan pada sistem pencernaan membutuhkan analisa yang akurat agar dapat diketahui penyebab pastinya dan bagian mana yang tidak benar, oleh justru itu maka penderita butuh untuk memeriksakan diri ke dokter dibandingkan untuk melakukan pengobatan sendiri. Menjaga kesehatan sistem pencernaan akan jauh lebih baik karena dengan tindakan pencegahan akan menghindarikan kerusakan sistem pencernaan. Langkah awal merawat sistem pencernaan dengan :
1. Menjaga jam makan
Jam makan yang tidak teratur dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, selain asam lambung gangguan lain dapat muncul jika jam makan tidak teratur seperti kesulitan berkonsentrasi.

2. Mengkonsumsi makanan sehat
Memperbanyak sayuran dan buah sangatlah penting bagi tubuh, serat yang dikandung oleh makanan makanan tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh terutama sistem pencernaan kita karena serat dapat membantu memperlancar penyerapan nutrisi serta mempermudah proses buang air besar.

3. Menjaga kebersihan makan
Cuci bahan mentah dan olah makanan dengan panas yang tepat agar bakteri dan microorganime yang terdapat di dalam daging misalnya dapat dibersihkan. Mengkonsumsi makanan mentah baik sayur maupun daging dapat meningkatkan resiko keracunan.

4. Menghindari makanan yang intolerir
Karena dyspepsia dapat disebabkan oleh kandungan kimia dari obat yang menyebabkan alergi maka perlu berhati hati dalam mengkonsumsi obat yang dapat menyebabkan gangguan. Tidak semua orang memiliki ketahanan terhadap bahan kimia yang sama oleh justru itu penting bagi setiap orang untuk mengetahui batasan kemampuan tubuh mentolerir sesuatu.