Mengatasi Jerawat Secara Alami

Posted on

Menjaga penampilan tetap menarik adalah sebagian dari kewajiban kita, selain penampilan kita akan dinilai orang jika penampilan kita rapi dan bersih maka tingkat kepercayaan diri kita juga akan meningkat juga sehingga ketika berhadapan dengan lawan bicara maka kita akan merasa percaya diri.

Penampilan seseorang dimulai baik dari busana hingga bentuk tubuh sampai pada kebersihan wajah dimana wanita yang lebih memperhatikan penampilan lebih detail mulai dari busana yang akan dipakai, membentuk tubuh agar langsing hingga merawat wajah agar tampak bersih.

Sebagai salah satu permasalahan yang sering muncul mengenai penampilan wanita adalah jerawat. Jerawat yang tumbuh di wajah dapat menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan dirinya sehingga dapat berakibat pada rasa minder yang akhirnya akan mengganggu kehidupan sosial seseorang. Jerawat muncul pada umumnya akibat perubahan hormone pada seseorang meskipun pada wanita dan pria memiliki kemungkinan yang sama besar dengan tumbuhnya jerawat di wajah.

Jerawat muncul pertama kali pada saat seorang anak memasuki usia remaja akibat dari perubahan hormon maka munculah jerawat, namun jerawat juga dapat muncul akibat kotoran seperti debu yang menempel dan minyak di wajah sehingga jerawat akan muncul.

Munculnya jerawat pada setiap orang akan berbeda beda tergantung dari kondisi kulit dan perawatan yang dilakukan, ada orang yang rajin merawat kebersihan wajahnya namun jerawat masih tetap tumbuh sedangkan ada juga orang yang kurang menjaga namun tidak berjerawat. Jenis kulit juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat, kulit yang memproduksi minyak berlebih akan cenderung berjerawat dibandingkan dengan kulit wajah yang kering.

APC + Bee Botanics Propolis Facial GelUntuk mengatasi munculnya jerawat cara yang paling tepat dan aman adalah tindakan preventif seperti:
1. Mencuci muka secara teratur
Mencuci muka dengan sabun cuci muka secara teratur, misal saat siang hari dimana kulit mulai berminyak akan mengurangi kemungkinan munculnya jerawat. Mencuci muka dengan sabun muka yang tepat juga akan membantu meredakan minyak pada wajah.

2. Menghindari panas
Panas terik matahari dapat menyebabkan kulit terutama kulit wajah akan menghitam dan juga menyebabkan kulit memproduksi keringat dan minyak yang dapat memicu munculnya jerawat. Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama akan merusak kualitas kulit juga.

3. Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan yang kurang sehat juga dapat menimbulkan jerawat, makanan berminyak dan makanan cepat saji akan menganggu kestabilan hormon pada manusia yang pada akhirnya menyebabkan jerawat semakin banyak.

4. Mengatur beban pikiran
Secara psikologis jerawat juga dapat muncul akibat dari jiwa seseorang yang tidak stabil. Dengan mengatur pola hidup sehat, tidur cukup serta mengatur beban pikiran secara benar dapat menghindarkan seseorang dari jerawat yang menganggu.

Sebagian besar gangguan jerawat akan hilang dengan sendirinya dari waktu ke waktu sehingga tidak perlu khawatir jika jerawat muncul kembali. Namun juga perlu diperhatikan jerawat yang muncul terus menerus dan dalam jumlah yang banyak sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang terbaik.