Mengatasi Luka Bakar

Posted on

Cedera akibat luka bakar saat sangatlah mudah terjadi. Luka bakar dapat terjadi karena berbagai macam aktifitas sehari hari yang kita lakukan sesederhana dari memasak hingga terkena panas dari knalpot yang tidak disengaja.

Sayangnya luka bakar dapat menimbulkan bekas yang membuat penderitanya mengalami kurang percaya diri dan juga luka bakar yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan yang ternyata membahayakan misalnya cedera syaraf.

Luka bakar dikategorikan menjadi empat stadium, semakin tinggi stadium maka luka bakar semakin parah dengan persentase tertinggi hingga 60 % luka bakar pada seluruh tubuh. Namun tidak berarti luka bakar ringan dapat dihiraukan begitu saja karena juga sama berbahayanya ditambah jika tidak segera ditangani dengan baik panas yang terkena dalam tubuh akan sulit dihilangkan.

Ketika orang terkena panas pertama kali yang rusak adalah kulit, kulit dapat seketika itu juga mengalami kematian akibat panas yang masuk dan menyebabkan rasa sakit yang biasanya ditandai dengan melepuhnya kulit akibat panas yang masuk. Panas yang awalnya berada di luar tubuh masuk dan tidak hilang begitu saja yang sering dirasakan yaitu sensasi panas dan nyeri beberapa saat setelah terkena panas. Untuk itu sangatlah penting untuk mengeluarkan panas dan mengatasi lukanya.

Paket Solusi Luka Bakar (APC + Bee Propolis)Luka bakar dapat ditangani dengan baik dengan urutan sebagai berikut :
1. Bersihkan daerah yang terkena luka bakar dengan air mengalir, bersihkan dari kotoran atau debu yang menempel dengan bersih agar tidak terjadi infeksi. Gunakan air yang mengalir selama 5 hingga 10 menit agar panas yang berada di dalam kulit dapat keluar, hindari pengunaan air es karena penggunaan air es justru merusak akibat perubahan suhu yang cepat.
2. Setelah bersih keringkan luka dengan menggunakan handuk, hindari penggunaan tisu atau kapas karena dapat menempel dan menyebabkan infeksi.
3. Kemudian berikan salep khusus luka bakar Aloe Propolis Cream yang menggunakan bahan dasar lidah buaya yang cocok digunakan untuk menutup luka dan mengangkat panas dari getah lidah buaya yang memiliki sensasi dingin. Paduan Bee Propolis akan membantu mengatasi dan mencegah infeksi dari luar yang lebih buruk. Disarankan juga untuk mengkonsumsi 3×1 hingga 3×2 tablet bee propolis (tergantung keparahan dari lukanya) untuk mempercepat mengatasi infeksi dan mengeringkan luka dari dalam.
4. Jangan tutup luka dengan perban karena dengan menutup luka dapat menyebabkan luka lembab yang cenderung menyebabkan luka lama menutup dan menyebabkan infeksi

Meskipun tampak sederhana penganan yang tepat akan menghindarkan dari bekas luka yang membuat kulit kotor. Berhati hati saat bekerja dengan benda yang mengeluarkan panas akan jauh lebih bijaksana sebelum terjadi kecelakaan luka bakar, oleh sebab itu perlu hati hati dan kewaspadaan serta pengawasan dari orang sekitar agar mudah memperoleh bantuan saat terjadi kecelakaan secara tidak disengaja.