Mengatasi Nyeri Haid

Posted on

Menstruasi adalah proses lepasnya sel telur atau ovum dari ovarium. Sel telur ini adalah ovum yang dilepas adalah ovum yang sudah matang dan siap untuk dibuahi, jika tidak dibuahi maka sel ovum yang terlepas akan turut keluar bersama dengan selaput dinding rahim yang disiapkan untuk menampung ovum yang dibuahi. Menstruasi yang juga disebut datang bulan merupakan hal yang wajar untuk tujuan reproduksi, dan menstruasi dimulai pada anak gadis berumur 11 hingga 12 tahun. Hal ini dapat terjadi ketika hormon estrogen dalam tubuh mereka sudah mencapai tingkat kematangan dimana tubuh sudah siap untuk menyiapkan kehamilan.

Pada umumnya siklus menstruasi pada wanita terjadi kurang lebih 28 hingga 30 hari dari masa menstruasi sebelumnya. Lamanya menstruasi berkisar antara 4 hari hingga 14 hari pada umumnya, dan darah yang keluar pada umumnya adalah 35ml per harinya. Darah yang muncul melebihi dari waktu dan jumlah yang ditentukan merupakan tanda adana gangguan pada datang bulan. Gangguan yang muncul pada saat datang bulan dapat menjadi indikator adanya penyakit yang menyerang organ kewanitaan atau adanya gangguan yang menyebabkan aliran datang bulan terganggu.

Gangguan yang muncul pada saat datang bulan salah satunya adalah sara sakit saat menstruasi yang hampir semua wanita akan mengalaminya ketika datang bulan. Sakit nyeri (dismenore) saat mentruasi dapat terjadi karena berbagai macam hal seperti kecilnya leher uterus yang melakukan kontraksi untuk memperlebar jalan sehingga darah dapat keluar atau juga adalah gangguan fisiologis pada wanita yang belum melahirkan. Selain itu rasa sakit pada saat menstruasi juga perlu diwaspadai jika terasa tak tertahankan, sakit tersebut dapat terjadi karena adanya tumor seperti kista, fibroid rahim, endometriosis, hingga kanker rahim.

Rasa sakit yang terjadi pada saat datang bulan dapat bermacam macam seperti sakit sakit ringan, sakit yang hilang jika minum obat atau jamu untuk meredakan sakit saat datang bulan, bahkan hingga rasa sakit yang sangat sehingga mengganggu tidur dan membutuhkan obat untuk melancarkan datang bulan. Rasa sakit yang mengganggu tidur merupakan rasa sakit yang terjadi karena adanya penyakit, oleh justru ini perlu adanya tindakan preventif dan upaya pengobatan untuk mengatasi rasa nyeri saat datang bulan seperti :

1. Konsumsi makanan yang mengandung Zat Besi
Karena saat menstruasi darah yang keluar dapat menyebabkan anemia. Untuk menghindari hal tersebut maka dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, hati , dan kacang kacangan. Hal ini dapat menghindari hal seperti pandangan kabur, lemas, pusing yang disebabkan oleh kurangnya darah

2. Melakukan olahraga ringan
Selain menjaga tubuh tetap fit, berolahraga ringan seperti senam lantai dapat memperlancar proses datang bulan sehingga tubuh tetap terasa bugar dan datang bulan tidak terasa nyeri. Senam dilakukan agar tubuh melakukan kontraksi dan relaksasi yang menyebabkan tubuh merasa nyaman saat proses datang bulan

3. Kurangi asupan garam
Garam adalah natrium yang dapat mengikat air dalam tubuh. Sehingga jika dalam keadaan datang bulan asupan garam yang berlebih dapat mengakibatkan dehidrasi yang akan semakin membuat kondisi wanita cepat letih dan lemas. Untuk menghindari dehidrasi maka perbanyak minum air serta kurangi asupan garam.

4. Istirahat cukup dan tidur yang nyenyak
Disaat datang bulan selain tubuh yang letih dan cepat lemas terkadang mood juga ikut menjadi cepat naik. Hal ini tentu sangat tidak mengenakan kita dengan orang disekeliling kita, oleh sebab itu istirahat yang cukup selain menyehatkan tubuh dan meregerasi sel juga dapat menjaga mood agar tetap stabil.

5. Konsumsi suplemen berbahan alami yang aman agar bisa membantu metabolisme tubuh dan membantu memperlancar datang bulan serta meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan.

Mengatasi Nyeri Haid dan Berbagai Masalah Sistem Reproduksi Lainnya

Mengatasi Nyeri Haid dan Berbagai Masalah Sistem Reproduksi Lainnya