Mengatasi Radang Tenggorokan

Posted on

Flu, batuk, demam, radang tenggorokan, pusing dapat menjadi gejala daya tahan tubuh yang menurun. Daya tubuh yang turun tentunya akan menyebabkan kita rentan terhadap penyakit.

Kondisi badan yang tidak fit ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, jadwal kita yang padat sehingga kita diharuskan untuk terus beraktifitas juga dapat menjadi penyebab daya tahan tubuh kita drop. Dan kalau kita sampai jatuh sakit maka dapat dibayangkan berapa kesempatan dan kerugian yang kita dapat hanya karena sakit. Salah satu gejala daya tahan tubuh kita menurun adalah radang tenggorokan, penyakit radang biasanya bersamaan dengan pilek atau ketika tubuh kita terasa lelah yang menjadi tanda butuh istirahat.

Radang tenggorokan dapat terjadi karena adanya aktifitas bakteri dalam tenggorokan, namun tidak hanya bakteri saja yang dapat menyebabkan radang tenggorokan viruspun juga dapat menjadi pemicu radang tenggorokan namun kebanyakan radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri. Radang tenggorokan menimbulkan rasa tidak nyaman pada leher atau tenggorokan hingga rasa sakit saat digunakan untuk menelan. Rasa sakit ini ditimbulkan oleh bakteri yang berada pada tenggorokan, munculnya bakteri ini biasanya karena cuaca yang tidak menentu yang merupakan kondisi suhu dan udara yang sangat kondusif bagi bakteri untuk berkembang.

Pada umumnya ketika orang menderita radang tenggorokan sehingga menyebabkan infeksi maka cara yang paling mudah untuk mendeteksi infeksi adanya dengan melihat ingus. Infeksi pada tenggorokan menyebabkan ingus atau lendir yang dikeluarkan tubuh akan kental dan berwarna hijau, ketika tubuh kita menunjukkan hal seperti ini maka dapat dipastikan adanya aktifitas bakteri yang biasanya juga menyebabkan demam.

Penyakit radang merupakan penyakit yang cukup mudah untuk diobati, meskipun radang tenggorokan cukup mengganggu namun dengan cara pengobatan yang tepat dan sesuai maka radang dapat diatasi dengan cepat.

paket radang tenggorokan (Bee prop+Proliz+CH)Cara mengatasi radang tenggorokan yang tepat adalah :
1. Antibiotik.
Mengkonsumsi antibiotic dapat dengan segera membunuh bakteri yang berada pada tenggorokan. Mengkonsumsi antibiotic perlu untuk mengikuti resep dokter dan sebaiknya diminum selama 3x sehari selama 3 hari sehingga bakteri benar benar mati. Mengobati radang akan lebih baik jika masih dalam keadaan yang belum kronis sehingga selain pengobatan tidak terlalu banyak daya tubuh kita juga akan lebih cepat kembali.

2. Berkumur air garam hangat.
Campurkan air hangat dan garam lalu berkumur sebanyak 2 – 3 x sehari. Garam merupakan bahan alami yang dapat membunuh bakteri dengan mudah tanpa ada efek samping. Garam yang digunakan bisa antara garam dapur atau garam Kristal.

3. Istirahat cukup.
Radang tenggorokan dapat muncul karena tubuh yang sedang tidak sehat. Oleh justru itu selain pengobatan istirahat yang cukup juga dapat mempercepat tubuh kembali sehat. Istirahat yang baik juga dapat meningkatkan sistem imunitas terhadap penyakit

4. Jeruk nipis / lemon dengan madu.
Jeruk nipis atau lemon yang dicampur dengan madu lalu diminum langsung atau dicampur dengan air hangat juga dapat membunuh bakteri yang ada. Kandungan didalam madu yang merupakan agem alami dalam membunuh bakteri, faktanya madu tidak dapat membusuk karena tidak ada bakteri yang melakukan fermentasi terhadap madu sehingga madu tidak dapat membusuk.

5. Vitamin C
Vitamin C juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap fit. Vitamin C basa merupakan vitamin C yang dibutuhkan tubuh lebih banyak dibandingkan dengan Vitamin C yang bersifat asam. Konsumsi Vitamin C juga perlu dijaga agar tidak berlebih karena dapat menyebabkan batu ginjal.