Mengatasi Sakit Maag

Posted on

Makanan dan Minuman Apa Saja Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Sakit Maag

Sakit maag merupakan penyakit yang sangat menganggu aktifitas keseharian kita, bagaimana tidak jika anda terlambat makan atau salah makan sedikit saja maka maag dapat kambuh sewaktu waktu. Begitu kita sakit maag akan sulit untuk hilang sehingga perlu waktu dan usaha untuk menanggulangi penyakit maag. Sakit maag juga merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan yang tepat, namun faktanya banyak orang yang memandang sebelah mata penyakit ini. Masyarakat beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi obat maag saja akan dapat menanggulangi sakit maag, memang pada awalnya sakit akan menghilang namun kelamaan maag dapat menjadi kanker maag yang sulit untuk diobati.

Mengatasi sakit maag tidak perlu bersusah payah, cara nya hanya menjaga jam makan dan apa yang kita makan. Bagaimana kita mengatur jam kita haruslah efisien jika kita tidak mengatur makanan apa yang kita makan maka maag juga dapat kambuh meskipun jam makan yang kita jadwalkan sudah sesuai dengan waktu. Pada umumnya makanan atau minuman yang pahit,kecut serta pedas akan mudah sekali memicu sakit maag, karena asam lambung akan mudah dipicu jika Ph dalam maag turun oleh justru itu kita tidak bisa lagi sembarang memilih makanan.

Dengan cermat memilih makanan dan minuman yang baik bagi penyakit maag akan mempermudah badan untuk mengatasi sakit maag. Begitu juga pantangan yang harus dilakukan jika sudah memiliki sakit maag, pantangan tidak hanya berupa makanan tetapi juga minuman yang juga berpotensi menyebabkan sakit maag kambuh.

Pantangan makanan dan minuman antara lain :
1. Ketan
Ketan atau beras ketan merupakan stimulus yang dapat menyebabkan asam lambung dalam maag meningkat. Baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak ketan akan memberikan dampak yang sama besar jika dikonsumsi ileh penderita maag. Menghindari mengkonsumsi ketan sama sekali akan lebih baik daripada mencicipi walau sedikit saja.

2. Kopi dan Alkohol
Kopi dan alkohol 5% keatas juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kopi memang terkenal baik untuk memberikan daya fokus dan tenaga namun untuk penderita maag mengkonsumsi kopi atau alkohol dapat menyebabkan sakit maag tidak lama setelah mengkonsumsinya.

3. Nasi keras
Nasik keras yang dimaksud adalah nasi yang dimasak dengan air lebih sedikit daripada umumnya. Tidak hanya nasi keras, makanan lain yang keras dan sulit dicerna seperti jerohan juga cukup berpotensi menyebabkan maag untuk bekerja ekstra yang artinya maag kan memproduksi asam lambung lebih lagi.

4. Sayur yang menghasilkan gas. Kol, sawi, kubis,ubi serta nangka muda akan menghasilkan gas dalam perut jika dikonsumsi. Hal ini banyak dilewatkan oleh orang orang, tetapi sayuran ini juga sama berpotensinya menyebabkan sakit maag.

5. Minuman bersoda
Soda yang terdapat dalam minuman akan mempercepat reaksi asam lambung. Sehingga sakit maag dapat terjadi sewaktu waktu jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda.

6. Produk olahan susu tinggi lemak.
Produk olahan susu seperti keju yogurt yang tinggi lemak dapat menyebabkan maag meningkat. Karena tingginya kadar kandungan lemak membutuhkan proses pencernaan yang lebih sehingga beban kerja lambung akan meningkat.

7. Coklat
Coklat juga dapat menyebabkan maag, kandungan kakao dan caffeine yang juga dikandung dalam kopi. Mengkonsumsi coklat, baik olahan maupun coklat batangan dapat meningkatkan kadar asam. Tidak terlepas dengan lemak yang terkandung di dalam coklat yang juga sama berpotensinya meningkatkan asam lambung.

Paket Gangguan Pencernaan (CH + Enzymeminerals)Secara rutin, konsumsi 1 sendok makan CLOVER HONEY dan 1 tablet ENZYMEMINERALS setiap 15 menit sebelum makan untuk membantu melapisi dinding lambung dan memperbaiki sistem pencernaan secara keseluruhan.
Setiap saat apabila perut/lambung terasa perih, mual dan panas, konsumsi 1 sendok makan CLOVER HONEY untuk menetralisir asam lambung dan meredakan rasa tidak nyaman pada perut/lambung.