Mengatasi Sulit Makan pada Anak

Posted on

Anak merupakan buah hati setiap orang tua, orang tua dengan segala cara akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya. Mulai dari hal yang penting seperti pendidikan masa depan hingga sampai hal yang terkecil yaitu soal makan. Memang tidak dipungkiri lagi anak anak terutama balita sangatlah pemilih dalam hal makanan sehingga banyak orang tua terutama ibu ibu sangat bingung dan pusing jika mendekati waktu makan. Sulitnya anak dalam masalah makan merupakan hal yang wajar sehingga para ibu tidak perlu kuatir akan sulitnya anak dalam hal makan.

Sangatlah wajar jika anak anda mengalami rebut soal makanan, anak anak hanya makan makanan yang mereka sukai saja padahal dapat diketahui bahwa makanan yang mereka makan sebagian besar adalah makanan yang kurang menyehatkan seperti snack ringan dalam kemasan yang mengandung penyedap dalam jumlah yang cukup banyak.

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi Memperbaiki Sistem Pencernaan & Imunitas Anak.  Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi Memperbaiki Sistem Pencernaan & Imunitas Anak. Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Mengenai sulitnya anak makan sebenarnya adalah hal yang sederhana. Anak akan tetap makan jika mereka lapar sehingga orang tua tidak perlu kuatir untuk terus menerus memberikan makan dengan memaksa anak untuk makan. Sulitnya anak makan dapat disebabkan oleh makanan yang monoton, hal yang sama berlaku untuk orang dewasa yang makan makanan yang sama dalam jangka waktu yang pendek sehingga akibatnya adalah bosan.

Untuk mengatasi sulit makan pada anak cara yang paling mudah adalah dengan mengganti menu makan pada anak secara terus menerus sehingga anak akan makan makanan yang berbeda pula.

Tingginya keingintahuan anak adalah kunci agar anak mau makan, contohnya dengan makanan yang baru dan belum pernah mereka coba maka anak akan penasaran untuk mencoba makanan yang baru bagi mereka. Selain itu mengatasi anak sulit makan dapat juga dengan mengolah makanan agar tampak menarik karena anak anak cenderung melihat penampilan yang menarik tanpa mengetahui terbuat dari apa makanan tersebut. Makanan yang diolah secara menarik juga harus seimbang agar anak dapat bertumbuh dengan maksimal.

Makan seimbang dapat dimulai dengan mengkonsumsi karbohidrat. Sumber karbohidrat juga bermacam macam tidak hanya terpaku pada nasi saja meskipun nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, ibu bisa mengganti dengan mie ataupun kentang sehingga anak tidak bosan.

Peraturan yang sama juga dapat diberlakukan untuk nutrisi lain seperti protein dari daging yang dapat diganti dengan telur atau tahu tempe. Ajak juga anak anak dalam proses memasak sehingga anak merasa bahwa telah berusaha memasak makanan sehingga hadiah yang dapat diberikan pada mereka adalah dengan memakannya.

Hindari membuat makanan favorit anak karena dengan memberikan makanan favorit anak akan memanjakan anak sehingga anak akan cenderung untuk menolak makanan lainnya selain makanan favoritnya. Pertimbangkan juga keseimbangan makanan agar seimbang antara nutrisi dari makanan juga buah buahan yang juga membantu perkembangan pada anak.