Mengatasi Toksoplasma (Toxoplasma)

Posted on

Proses bertemunya sel sperma dan ovum disebut dengan pembuahan dan proses pembuahan ini kemudian berlanjut menjadi kehamilan yaitu saat janin bertumbuh terus menjadi makhluk hidup. Proses yang sama juga terjadi pada manusia, setelah terjadi pembuahan maka 9 bulan kemudian akan lahir bayi. Dalam 9 bulan masa kehamilan tersebut kondisi kesehatan baik ibu dan bayi haruslah dijaga dari waktu ke waktu, karena jika terjadi gangguan kesehatan baik serangan penyakit atau fisiologis pada ibu akan terpengaruh pada janin yang dikandung. Oleh sebab itu orang tua harus memastikan kesehatan dan kebersihan dari gangguan penyakit yang mungkin dapat menyerang selama proses pra kehamilan.

Salah satu penyakit yang kerap ditakuti adalah toxoplasma, toxoplasma merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada janin. Penyakit toxoplasma atau toxo disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, parasit ini sering sekali ditemukan pada hewan peliharaan khususnya kucing dan anjing. Parasit toxo juga berada pada daging segar sehingga ketika daging yang dikonsumsi kurang bersih dan proses memasaknya kurang baik maka parasit dapat menyerang janin.

Kerusakan yang diakibatkan dari parasit toxo ini adalah :
1. Keguguran
2. Lahir mati
3. Lahir cacat, mengidap toxoplasmosis bawaan.

Dampak yang disebabkan oleh parasit ini sangatlah berbahaya, sehingga perlu tes khusus untuk mengetahui keberadaan parasit ini dalam tubuh. Pada ibu yang akan menikah disarankan untuk melakukan uji toxo pada ayah dan ibu sehingga ketika terjadi pembuahan parasit toxo tidak menyerang. Karena bersifat menular pada kehamilan maka penyakit toxo ini tidak terlalu dirasakan oleh ibu namun jika lengah toxo akan menyebabkan keguguran spontan pada bayi.

Bee Propolis Atasi & Cegah Radang & Infeksi Sekaligus ANTIBIOTIK ALAMI Melawan Berbagai Virus & Bakteri. Info lebih lanjut SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

HD Bee Propolis Atasi & Cegah Radang & Infeksi Sekaligus ANTIBIOTIK ALAMI Melawan Berbagai Virus & Bakteri.
Info lebih lanjut SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Sebagian besar toxo tidak menimbulkan gejala pada inang yaitu si ibu, namun gejala yang mungkin muncul adalah pembengkakan getah bening dan sakit meriang seperti flu yang dapat berlangsung seminggu minggu. Ketika infeksi berhasil maka janin dapat mengalami kecacatan pada mata, telinga, kepala,kerusakan pada otak hingga cacat mental.

Penularan parasit toxo yang sebagian berasal dari kucing dan kotorannya serta daging yang kurang dimasak dengan baik maka konsumsi ibu hamil harus benar benar dijaga. Selain itu tindakan preventif akan lebih baik dibandingkan dengan pengobatan, tindakan preventif dapat berupa seperti :
1. Memasak daging dengan baik dan waktu yang cukup. Dengan memasak daging dan makanan yang lain dengan matang akan mengurangi resiko parasit yang masuk ke dalam tubuh. Juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan setengah matang karena segala makanan yang setengah matang tidak baik bagi kesehatan janin.

2. Menjaga sanitasi termasuk mencuci tangan setelah melakukan kegiatan yang kotor. Rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan kuku rambut dan kebersihan diri akan menjauhkan diri dari toxo dan penyakit lainnya.

3. Mencuci makanan yang akan dikonsumsi seperti sayur dan buah buahan disarankan karena kotoran yang menempel pada sayur dan buah dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan ibu.

4. Hindari kontak dengan tanah secara langsung. Penggunaan alas kaki dan sarung tangan disarankan jika harus menyentuh tanah, karena perlu diketahui banyak parasit yang berdiam di tanah dapat masuk ke tubuh melewati kulit yang telanjang.

5. Hindari kontak langsung dengan hewan peliharaan, jika dimungkinkan hindari dahulu hewan peliharaan dengan tujuan untuk menjaga janin dari kotoran yang mungkin terbawa oleh hewan.

6. Periksa kandungan secara berkala. Pemeriksaan ke dokter kandungan secara berkala akan membantu kita untuk memantau janin secara utuh dan dapat mendeteksi penyakit secara dini.