Mengenal Cacar Air dan Mengatasinya

Posted on

Penyakit cacar air merupakan penyakit yang cukup menganggu kualitas hidup kita namun pada sisi baiknya penyakit cacar air hanya terjadi sebanyak satu kali saja seumur hidup manusia.

Penyakit cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus sehingga proses penularan pada manusia dapat terjadi dengan sangat cepat dan menular melewati udara. Penyakit cacar air menimbulkan ruam berwarna merah pada seluruh tubuh atau beberapa bagian tubuh saja, ruam ini kemudian terasa gatal dan menimbulkan bintik bintik berisi cairan dan terasa sangat gatal.

Untuk mengetahui penyakit cacar air lebih dalam lagi maka kita harus waspada terhadap gejala cacar air serta cara penanganan ang tepat.

Pada umumnya penyakit cacar air terjadi pada balita maupun anak yang masih muda namun hal ini tidak menutup kemungkinan pada penderita dewasa yang belum pernah menderita penyakit cacar air.

Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Untuk mencegah penularan pada penderita hal yang harus dilakukan adalah karantina, selain karantina penggunaan barang pribadi penderita juga harus disisihkan dengan orang lain seperti alat mandi, baju hingga barang yang digunakan dan bersentuhan dengan penderita karena dapat menyebabkan penularan. Perlu perhatian lebih bagi lingkungan sekitar agar berhati hati agar tidak terjadi penularan terlebih jika ada anak kecil yang kondisi sistem antibodinya masih belum sekuat orang dewasa.

Untuk mengetahui gejala awal pada penyakit cacar air dapat memperhatikan kondisi tubuh seperti tubuh menjadi lemas, demam tinggi, sakit kepala, kurang nafsu makan, keringat dingin, serta gatal pada sekujur tubuh. Biasanya 1 x 24 jam setelah gejala terasa maka akan mulai timbul bintik merah pada bagian lengan, kaki, punggung, wajah dan berbagai daerah lain yang banyak mengeluarkan keringat.

Setelah virus cacar air aktif maka sebagian besar tubuh penderita akan mulai lemas dan tidak enak badan, serta rasa gatal yang muncul terkadang menyebabkan timbulnya keinginan untuk menggaruk bintik cacar air. Jika bintik yang berisi cairan di garuk maka bekas bintik dapat meninggalkan luka yang sulit dihilangkan dan juga saat menggaruk kotoran yang berada pada kuku dapat menyebabkan infeksi dan akan memperparah kondisi penyakit.

Cacar air adalah tipe penyakit yang jauh lebih baik dicegah dibandingkan dengan pengobatan, oleh sebab itu perlu untuk melakukan proses pencegahan seperti :
1. Menjaga sanitasi. Kebersihan berperan besar terhadap kesehatan dan penyakit tidak hanya pada cacar air namun juga penyakit lain dapat menjangkiti jika kita tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Pada kasus cacar air penggunaan barang barang pribadi seperti handuk selayaknya tidak dipinjamkan kepada orang lain agar tidak tertular. Selain kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan seperti tempat tinggal, kamar tidur serta alat makan juga harus dijaga kebersihannya karena penyakit dan kuman seperti cacar air yang menular lewat udara dapat menyebar dengan sangat cepat.
2. Vaksinasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan saat masih balita, pemberian vaksin cacar air dapat membantu tubuh untuk memiliki pertahanan dari cacar air saat masih kecil. Pemberian vaksin dapat mengurangi resiko terkena cacar air secara signifikan meskipun tidak menutup kemungkinan masih dapat terjangkit cacar air.