Mengenal Campak Jerman atau Rubella

Posted on

Campak Jerman atau juga disebut Rubella adalah penyakit yang menyerang kulit dan kelenjar limfa pada manusia. Penyakit campak jerman berbeda dengan penyakit campak pada umumnya dan campak jerman hanya bertahan 1 hingga 3 hari selama proses infeksi.

Penyakit campak jerman merupakan penyakit yang umum pada anak kecil terutama anak balita hingga anak berumur 10 tahun yang masih belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna, meskipun penyakit ini tidak tergolong sebagai penyakit yang membahayakan jiwa namun penyakit ini perlu ditangani dengan serius karena pada beberapa anak meninggal akibat penyakit ini.

Campak jerman menular lewat darah dan air liur hingga ingus, sehingga penularan dari anak ke anak lainnya dapat menyebar dengan sangat cepat terlebih campak jerman dapat menular dari ibu ke janin melewati darah.

Pemberian vaksin campak jerman dapat membantu tubuh untuk menangkal virus rubella. Pemberian vaksin dapat diberikan pada anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan sangat banyak membantu sistem imunitas terhadap campak jerman.

Gejala yang ditimbulkan campak jerman hampir sama dengan campak yaitu demam, lemas, kehilangan nafsu makan, kaku di bagian leher akibat bengkaknya kelemjar limfa serta bintik berwarna merah kecoklatan pada seluruh tubuh terutama bagian punggung dan biasanya akan hilang dengan sendirinya pada hari ke tiga sehingga disebut sebagai campak 3 hari. Jika campak tidak segera diatasi maka dapat merusak hingga menyebabkan infeksi otak dan pendarahan dalam yang dapat menyebabkan kematian.

Pada ibu yang mengalami kehamilan campak jerman dapat menyebabkan kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dapat menyerang mata,sistem syaraf dan organ tubuh bayi lainnya. Untuk mengatasinya maka disarankan bagi ibu yang akan menjalani tes kehamilan yang ditujukan untuk mensterilkan rahim dari penyakit yang mungkin bersarang di rahim.

Dengan mengetahui gejala secara dini maka proses penyembuhan akan memerlukan usaha yang lebih ringan serta pengobatannya akan lebih mudah. Tindakan pencegahan seperti pemberian vaksin rubella yaitu virus yang telah dilemahkan agar antibody tubuh bereaksi dan memproduksi kekebalan tubuh, pemberian vaksinasi diberikan pada bayi yang berumur 10 – 15 bulan dimana usia optimal tubuh menerima vaksin campak jerman.

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi & Imunitas Anak.  Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Meningkatkan Kecerdasan, Daya Tangkap, Konsentrasi & Imunitas Anak. Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Penanganan khusus untuk penyakit campak jerman tidak ada namun gejala komplikasi yang keluar seperti demam atau sakit panas dapat diatasi dengan menjalankan masa perawatan dengan beristirahat maupun mengkonsumsi obat. Sedangkan untuk virus campak jerman sendiri akan segera hilang dengan cara alami yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meskipun tidak ada obat atau cara khusus namun penderita harus tetap diistirahatkan dan dikarantina agar tidak menular ke orang lain yang dapat memperpanjang siklus virus campak jerman.