Mengenal Gangguan Kesuburan Pria

Posted on

Steril adalah istilah yang digunakan pada dunia media untuk mendeskripsikan ketidakmampuan manusia baik wanita maupun pria untuk melanjutkan keturunan atau berkembang biak.

Ketidaksuburan atau steril dapat terjadi karena berbagai faktor mulai dari gaya hidup yang tidak sehat sehingga merusak kualitas sperma yang awalnya masih baik, faktor keturunan atau DNA yang mengalami kelainan juga dapat menyebabkan kemandulan total.

Pada pria kesuburan dihitung dari berbagai bentuk tes kesehatan sperma seperti jumlah sperma yang diproduksi, bentuk dari sperma, kesehatan sperma serta kesehatan testikel sebagai organ tubuh yang memproduksi sperma pada pria. Manusia laki laki yang normal dapat memproduksi sperma dengan baik dalam hal kuantitas dan kualitas kesehatan sperma sehingga sperma dapat bertahan dan melakukan pembuahan sel telur pada wanita yang akhirnya menjadi sebuah kehamilan.

Diketahui banyaknya berbagai macam bentuk kelainan pada kesuburan pria dapat menganggu proses kehamilan yang sering kali menjadi batu sandungan bagi pasangan menikah untuk mendapatkan seorang anak.

Berbagai penyebab kelainan sperma dapat berupa faktor internal maupun external, contoh faktor internal kelainan kesuburan pria:
1. Infeksi
Adanya infeksi pada testikel atau salurannya yang menyebabkan tidak dapat memproduksi sperma sehat yang mampu membuahi sel telur. Infeksi juga dapat menyebabkan kebuntuan yang menyebabkan sperma tidak dapat keluar sehingga yang keluar hanya air mani yang tidak mengandung sperma.

2. Masalah ejakulasi
Kerap gangguan kesehatan menganggu keseburan pria seperti diabetes atau penyakit seperti gonorrhea yang merusak kualitas dan kesehatan pria yang melumpuhkan sperma. Selain itu faktor usia dapat mempengaruhi kekuatan dan performa dari testikel untuk memproduksi sperma

3. Antibodi
Pada penderita kelainan sistem kekebalan tubuh, sistem daya tahan tubuh mendeteksi sperma sebagai benda asing sehingga merusak sperma sehingga menjadi mandul

4. Hormon yang tidak seimbang
Hormon yang tidak seimbang yang sering disebabkan oleh obat obat yang digunakan untuk melatih tubuh seperti steroid dapat merusak kualitas sperma, dalam jangka lama steroid dapat menyebabkan gangguan hormon dan kemandulan total.

Info Lebih Detil silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Detil silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Selain faktor dari dalam tubuh faktor eksternal juga dapat menyebabkan kelainan pada kesuburan pria yaitu :
1. Radiasi
Radiasi yang banyak terdapat di pabrik atau rumah sakit serta berbagai temapt yang melakukan aktifitas dengan bahan kimia dapat merusak sperma lewat pancaran radiasi. Untuk menghindari radiasi maka hindari temapt yang diberi peringatan radiasi.

2. Bahan Kimia
Bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan atau minuman dapat merusak kualitas sperma dan kesehatan tubuh. Bahan bahan tersebut sering kita jumpai seperti obat pembunuh hama hingga cat.

3. Panas
Suhu optimal testikel adalah 18 derajat Celcius, ketika bagian daerah testikel mengalami kenaikan suhu maka reproduksi sperma akan terganggu. Sebagian besar pemanasan testikel diakibatkan oleh panas laptop atau gadget yang ditaruh dip aha dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus dilakukan.