Mengenal Kista Ovarium

Posted on

Ovarium adalah bagian tubuh pada wanita yang berfungsi untuk melakukan reproduksi. Ovarium adalah kantung dimana sel telur pada wanita disimpan yang kemudian secara frekuensi setiap satu bulan sekali sel telur dikeluarkan saat datang bulan. Siklus datang bulan dipengaruhi oleh hormone estrogen pada wanita, hormon yang stabil akan mempengaruhi kelancaran siklus datang bulan sehingga mentruasi tidak terlambat maupun datang lebih cepat. Tidak hanya itu siklus datang bulan juga dapat menjadi indikator atas kesuburan maupun gangguan yang mungkin menyebabkan gangguan kesehatan.

Ketika datang bulan tidak lancar maka salah satu kemungkinan yang dapat terjadi adalah munculnya kista yang menganggu hormon pada wanita. Kista dapat muncul di ovarium sehingga akibatnya dapat merusak ovarium yang artinya menyebabkan kemandulan. Kista yang muncul pada ovarium juga bermacam macam seperti :
1. Dermoid
Kista yang berupa seperti kantung yang berisi cairan, cairan dari kista dermoid dapat bervariasi seperti cairan lemak, air dan kandungan lainnya.

2. Cystadenomas
Merupakan kista jinak yang tumbuh di sekitar ovarium bagian luar.

3. Endometriomas
Selaput yang timbul di dalam uterus yang kelamaan dapat berkembang di luar yang kemudian akan menjadi kista.

Info: SMS ke 0896 9967 1737 / Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Info: SMS ke 0896 9967 1737 / Pin BBM di 25CB027F / www.ProdukMadu.com

Timbulnya kista pada ovarium seringkali tidak disadari karena sebagian besar orang hanya memperhatikan lewat rasa sakit di bagian perut bawah yang sering dikaitkan dengan kista awal. Padahal jika kista susah menyebabkan rasa sakit maka kista sudah berada pada stadium yang membahayakan. Kembali lagi bahwa dengan memperhatikan siklus datang bulan merupakan alat pengukur yang paling akurat dimana hormon estrogen sangatlah sensitive terhadap perubahan sehingga dengan adanya gangguan kecil maka penderita dapat segera langsung memeriksakan diri.

Gejala gejala yang dapat diperhatikan selain perubahan siklus datang bulan adalah rasa sakit pada bagian bawah perut, perut terasa penuh, kehilangan nafsu makan, badan cepat lelah. Ketika gejala gejala mulai terasa maka sangat penting untuk langsung segera memeriksakan diri sebelum kista semakin banyak dan bertumbuh menyebabkan gangguan lebih banyak kerusakan pada organ reproduksi.

Kista yang bersifat ganas dapat menjadi berlipat lipat ganda lebih berbahaya yang tumbuh pada ovarium. Terlambat mengetahui kista dapat langsung menyebabkan kerusakan ovarium secara permanen sehingga operasi angkat ovarium hanyalah jalan keluar yang dapat dilakukan. Untuk mengetahui keberadaan kista wanita dapat melakukan beberapa bentuk tes dan pengecekan untuk mengetahui secara pasti keberadaan kista, mulai dari CT-scan, MRI dan Ultrasound merupakan teknik medis yang dapat dilakukan untuk melihat dan mendeteksi adanya kista pada ovarium. Tes ini dapat dilakukan setiap saat ketika wanita telah merasakan gejala dari kista.