Mengobati Batuk Menahun

Posted on

Batuk sebetulnya bukanlah penyakit. Batuk merupakan mekanisme tubuh kita jika ada kotoran yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Batuk sendiri adalah usaha tubuh untuk mengeluarkan kotoran yang dapat berbentuk seperti debu atau lendir. Usaha tubuh untuk mengeluarkan kotoran dengan batuk merupakan reaksi yang normal, debu yang menempel pada hidung atau kerongkongan dapat lepas dengan cara batuk.

Rangsangan yang masuk ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan batuk dapat bermacam macam seperti debu, lendir, dan benda asing lainnya,rangsangan ini tidak hanya berada pada hidung namun juga dapat berada di telingan maupun tenggorokan (THT). Rangsangan ini akan menyebabkan otak untuk mengirimkan sinyal agar otot berkontraksi dan terjadilah batuk yang merupakan reaksi tubuh atas benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Pada umumnya batuk bertahan paling lama kurang lebih 3 – 4 minggu. Selebihnya jika sakit batuk masih berlanjut maka terdapat kemungkinan ada kelainan atau ada faktor penyebab lain yang menyebabkan sakit batuk berlanjut.

Batuk kronis yang merupakan batuk menahun adalah sakit batuk yang dapat terjadi hingga bertahun tahun bahkan ada yang menderita sakit batuk hingga 2 tahun lamanya. Sesungguhnya batuk menahun bukanlah sebuah penyakit. Batuk yang terjadi hingga menahun merupakan reaksi dari tubuh atas adanya sesuatu yang janggal dari tubuh sehingga tubuh berusaha mengeluarkan dengan cara batuk, entah hal tersebut terjadi karena adanya virus atau sesuatu hal lain.

Paket Sembuh Batuk (CH + Proliz)Penyakit lain seperti penyakit asma, alergi dingin, sesak nafas, sinusitis dan berbagai penyakit lain yang berhubungan dengan THT dapat menyebabkan batuk. Selain itu juga adanya kebiasaan buruk yang kita lakukan dan kita tidak sadar bahwa kebiasaan tersebut dapat menyebabkan batuk seperti :
1. Merokok. Merokok sangat buruk bagi kesehatan paru paru karena di dalam rokok sendiri terdapat berbagai macam racun yang dapat meracuni dari otak hingga tubuh.
2. Mengkonsumsi makanan yang tidak menyehatkan. Makanan yang dimaksud adalah makanan yang tidak dijaga kebersihannya serta tidak bergisi seperti makanan instant maupun makanan cepat saji.
3. Tidak menggunakan pelindung tubuh jika bersepeda, gunakan jaket agar ketika bersepeda angin tidak masuk ke dalam tubuh.
4. Tidur larut malam atau begadang. Tidur larut akan membuat tubuh cepat lelah dan mudah jatuh sakit.
5. Lingkungan kotor yang menyebabkan hidung menjadi sensitive dan akhirnya menyebabkan batuk.

Menyembuhkan batuk menahun relatif sulit karena biasanya batuk muncul bukan karena virus, jika batuk yang muncul disebabkan oleh penyakit maka setelah virus tersebut hilang maka otomatis batuk akan hilang dengan sendirinya.

Mengatasi batuk menahun cukup sederhana namun butuh kesabaran, caranya :
1. Berhenti merokok
Merokok kerap menjadi faktor utama orang mengalami batuk sehingga agar batuk berhenti cukup dengan berhenti merokok.

2. Memeriksakan diri
Batuk menahun tentu saja terdapat sesuatu yang salah pada tubuh kita. Untuk mengetahui hal tersebut maka kita sebaiknya memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter dapat mendiagnosa penyebab penyakit batuk

3. Olahraga
Banyak orang menyepelekan pentingnya berolahraga, berolahraga dengan teratur akan meningkatkan stamina kita. Dengan daya tahan tubuh yang baik maka penyakit yang berada dalam tubuh kita akan dengan mudah dibunuh, sehingga kita akan memiliki tubuh dan jiwa yang sehat.

4. Perbanyak menghirup udara segar
Udara segar akan mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh kita. Sebaiknya kita sediakan waktu khusus bagi kita untuk berlibur menuju tempat yang memiliki udara yang segar dan bersih. Udara yang segar dapat menstimulasi tubuh untuk memperbaiki sistem imun.

5. Mengkonsumsi suplemen alami (BUKAN OBAT) berbahan perlebahan seperti Clover Honey dan Bee Propolis secara rutin, bisa membantu meredakan dan bahkan menyembuhkan batuk menahun.