Mengobati Rhinitis

Posted on

Rhinitis adalah penyakit radang atau iritasi pada bagian dalam selaput hidung. Rhinitis merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya mengeluarkan ingus atau lendir yang disebabkan oleh bakteri atau alergi tertentu sehingga hidung bersin bersin dan mengeluarkan cairan ingus.

Rhinitis hampir serupa dengan sinusitis di mana keduanya akan menyebabkan penderita akan memproduksi cairan ingus yang berlebihan hingga menyebabkan sulit bernafas dan menyebar hingga menyebabkan gangguan THT lainnya.

Terkadang karena begitu banyaknya cairan / lendir yang keluar dapat menyebabkan telinga mendengung, tenggorokan tidak nyaman bahkan akan terasa sakit pada bagian hidung karena adanya infeksi dalam tenggorokan.

Rhinitis juga menyebabkan kandungan histamine dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan cairan yang berlebih, peningkatan histamine ini paling banyak dipengaruhi oleh sifat udara allergen yang memicu rhinitis alergi.

Rhinitis sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Rhinitis musiman. Rhinitis yang muncul yang disebabkan allergen tertentu yang hanya terjadi pada janga waktu tertentu.
  • Rhinitis tahunan. Rhinitis yang muncul sepanjang tahun, tidak ada jeda dalam rhinitis dan terjadi dalam waktu yang tidak dapat ditentukan.

Sedangkan dalam tingkat keparahannya rhinitis juga dapat dipisah sesuai dengan kerusakan yang ditimbulkan oleh rhinitis yaitu :

  • Ringan. Pada tingkat ringan rhinitis yang muncul hanya menyebabkan hidung bersin dan mengeluarkan ingus namun tidak sampai pada tingkatan yang menyebabkan penderita mengalami gangguan tidur atau pada saluran THT
  • Berat. Rhinitis yang sudah menjadi kronis dan menyebabkan gangguan seperti sulit tidur, hidung tersumbat serta gangguan lainnya.

Rhinitis merupakan penyakit yang cukup mengganggu keseharian kita, selain menyebabkan hidung terus mengeluarkan lendir yang disebabkan oleh alergi, rhinitis jika dibiarkan kelamaan dan menjadi kronis yang dapat menyebabkan gangguan berat hingga menimbulkan penyakit sinusitis, gangguan pendengaran, hingga pusing. Karena mengganggu aktifitas manusia maka rhinitis lebih erat kaitannya sebagai penyakit yang menurunkan kualitas hidup manusia.

Gangguan yang disebabkan rhinitis sebenarnya tidak berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian namun gangguan kecil dan berkelanjutan setiap harinya tentu akan sangat mengganggu.

Paket Solusi Rhinitis (AllerbeeGone+CH+BeePropolis)

Mengatasi rhinitis relatif rumit namun tidak sulit tergantung dari penyebab rhinitis. Untuk mengatasi rhinitis cara yang paling efektif adalah dengan :

Mendeteksi allergen ( penyebab alergi ).
Dengan mengetahui allergen yang dimiliki setiap penderita maka penderita akan dapat dengan mudah menghindari makanan atau hal/benda yang menjadi penyebab alergi. MIsal allergennya adalah dingin maka sebisa mungkin anda jangan sampai kedinginan dalam waktu yang cukup lama karena hal tersebut dapat menyebabkan produksi lendir berlipat ganda.

Minum Air lemon dan CLOVER HONEY
Lemon dan CLOVER HONEY memiliki kandungan yang baik untuk menstimulasi daya tahan tubuh dan mereduksi resiko adanya hiperreaksi terhadap allergen yang mungkin terjadi. Selain itu lemon dan madu yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan resistansi tubuh terhadap pilek atau flu sehingga dapat mengurangi bersin bersin.

Antihistamin.
Antihistamin merupakan kandungan dalam obat yang mampu mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan oleh tubuh. Obat antihistamin banyak ditemukan di setiap obat untuk mengatasi alergi dalam waktu cepat. Sebaiknya obat anti alergi dibawa terus sehingga jika sewaktu waktu alergi kambuh dapat segera dikonsumsi.

Pengobatan nasal.
Pengobatan nasal lewat spray merupakan salah satu cara untuk mengurangi alergi yang mungkin ada, pengobatan medis ini cukup dengan menyemprotkan cairan ke hidung untuk mengurangi dampak alergi seperti bersin, hidung berair, pusing dan akibat alergi lainnya.