Menjaga Liver dari Sirosis Hati

Posted on

Padatnya aktifitas yang menguras tenaga ditambah dengan kurangnya istirahat dapat menyebabkan daya tahan tubuh drop. Kondisi yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh mulai dari daya imun tubuh terhadap penyakit, gangguan dan penurunan kualitas serta hidup dan gangguan fungsi organ. Salah satunya adalah penyakit sirosis hati. Sirosis atau dikenal dengan pengerasan hati (hepatitis) merupakan penyakit yang timbul karena adanya faktor virus atau kondisi manusia yang terlalu capek dalam jangka waktu yang lama tanpa diimbangi dengan istirahat yang baik dan cukup.

Sirosis hati (cirrhosis) merupakan penyakit yang menjadi bentuk lanjut dari penyakit hati yaitu hepatitis. Sirosis hati merupakan proses pengerasan hati karena sel sel hati yang mengalami kerusakan sedikit demi sedikit kehilangan fungsinya dan mengalami pengerasan. Proses pengerasan hati ini akan berdampak pada kesehatan penderita, seperti cepat lelah, mudah terkena penyakit dan jika tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan kematian.

Liver yang berada dalam keadaan sirosis hati jika tidak ditangani dengan cara yang tepat maka dapat menjadi hepatitis. Hepatitis itu sendiri dibagi menjadi 2 jenis hepatitis yaitu hepatitis A dan B yang dapat disembuhkan, lalu Hepatitis C yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol. Begitu seseorang didiagnosa oleh dokter dan dinyatakan terkena sirosis hati maka penderita harus segera mengubah pola hidup agar sirosis hati dapat diredam.

Salah satu cara dalam mengatasi sirosis hati adalah dengan mengganti menu makanan atau menambahkan sesuatu yang dapat memberikan liver vitamin untuk kembali sehat seperti sedia kala.

Menu makanan yang cocok bagi penderita sirosis hati adalah :
1. Temulawak
Temulawak (Curcuma sp.) merupakan obat herbal utama yang benar benar efektif dalam menangani kesehatan liver. Temulawak dapat dikonsumsi dengan direbus lalu air rebusan temulawak dikonsumsi, namun bagi penderita maag harus berhati hati karena air rebusan temulawak cukup pahit.

2. Susu rendah lemak
Susu mengandung vitamin dan bersifat sebagai antitoxin alami. Dengan mengkonsumsi susu secara berkala setiap harinya akan mencegah sirosis hati dan sumber kalsium yang baik bagi tubuh.

3. CLOVER HONEY
Sebagai pemanis alami pengganti gula, madu selain mengandung karbohidrat yang cocok bagi penderita hepatitis madu juga dapat berfungsi sebagai obat alami untuk mengatasi orang yang mengalami lesu dan lemas. Madu sendiri juga berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

4. ROYALE JELLY
Royale jelly dikenal memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi sel-sel baru yang sehat secara cepat. Ini akan sangat membantu proses perbaikan fungsi kerja hati yang terkena sirosis secara signifikan.

SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F untuk Info Lebih Detil

SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F untuk Info Lebih Detil

Selain makanan yang dibutuhkan oleh liver agar dapat mencapai tahap penyembuhan yang cepat, juga ada pantangan makanan yang dapat menyebabkan sirosis. Pantangan ini celakanya sangat banyak kita konsumsi sehari harinya sehingga jika tidak pintar menyeleksi makanan maka sirosis dapat menjadi semakin parah. Makanan/minuman yang merupakan pantangan penderita sirosis hati adalah :

1. Minuman beralkohol
Kandungan alkohol merupakan zat yang dapat menyebabkan kinerja liver semakin berat. Dengan sirosis hati seharusnya liver diistirahatkan agar proses pemulihan dapat berjalan, namun jika sampai alkohol masuk ke dalam tubuh meskipun dalam takaran yang sedikit tetap dapat menyebabkan proses kerusakan liver semakin cepat

2. Makanan berlemak
Lemak jahat penyebab kolesterol juga menjadi salah satu pemicu sirosis hati, jerohan dan daging lebih baik dihindari agar kerja liver tidak berat dan menghindari terjadinya perlemakan hati.

3. Makanan instan, makanan kemasan dan makanan kalengan.
Bentuk makanan yang sudah di kemas pasti akan mengandung bahan pengawet, bahan pengawet serta bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh dapat merusak organ tubuh termasuk liver