Menyembuhkan Diabetes

Posted on

Penyakit diabetes (atau dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan istilah: diabet, kencing manis, kencing gula, diabetes mellitus, dll) adalah penyakit yang timbul karena adanya ketidakmampuan tubuh untuk mengolah kadar gula (karbohidrat) sehingga gula darah dalam tubuh meningkat dan menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi kacau. Salah satu faktor penyakit berbahaya lain seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan berbagai penyakit mematikan lainnya bersumber dari diabetes. Penyakit diabetes terjadi karena adanya masalah pada insulin, insulin merupakan substansi yang diproduksi oleh pankreas yang merupakan bahan dasar untuk mengubah gula menjadi energy yang diperlukan tubuh. Karena ketidakmampuan tubuh untuk mengolah kadar gula yang disebabkan oleh faktor insulin maka penyakit diabetes dibedakan menjadi dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 merupakan diabetes yang muncul karena ketidakmampuan pankreas untuk menghasilkan insulin sehingga gula yang masuk tidak dapat diproses lebih lanjut yang akibantnya menjadi diabetes.

Diabetes tipe 2 juga terjadi karena adanya malfungsi pada insulin meskipun tetap diproduksi oleh tubuh, namun karena adanya satu atau dua faktor yang menyebabkan insulin yang tadinya sudah diproduksi tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akibatnya sama dengan diabetes tipe 1, insulin tetap tidak berfungsi.

Lalu banyak orang bertanya apakah penyakit diabetes dapat disembuhkan?

Sebenarnya diabetes dapat diredam hingga ke suatu tingkat di mana diabetes tidak mengganggu sistem kerja tubuh. Namun hingga saat ini, diabetes belum dapat disembuhkan hingga 100% kecuali dengan memperbaiki masalah insulin yang terjadi. Tubuh manusia bisa beradaptasi hingga pada tingkatan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh sangat sedikit sehingga gula yang masuk dalam jumlah yang kecil dan dapat dipakai seluruhnya oleh tubuh tanpa adanya sisa yang berisiko menyebabkan diabetes.

Diet Rendah Gula

Untuk menetralkan kondisi diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2 hingga saat ini jalan utama yang terbukti ampuh adalah melalui pengobatan medis yakni dengan terapi menyuntikan insulin dalam tubuh maupun terapi untuk mengaktifkan insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Meskipun hal ini tidak menyembuhkan diabetes namun ada beberapa cara untuk mengatur kadar gula agar diabetes tidak menyerang tubuh, salah satunya :

1. Mengkonsumsi sayur dan buah
Penyakit diabetes muncul karena adanya kadar gula yang tinggi, dengan begitu cara utama adalah menghindari makanan tinggi karbohidrat. Salah satu caranya adalah mengganti menu makanan menjadi sayur dan buah yang rendah kalori, dengan begitu kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat diminimalisir. Selain itu cara dengan mengganti makanan yang lebih sehat akan dapat merangsang organ tubuh untuk bekerja lebih ringan sehingga tubuh dapat lebih mudah mengatasi kadar gula.

2. Diet Karbohidrat
Diet karbohidrat merupakan cara efektif untuk mengendalikan diabetes. Diet karbohidrat merupakan metode untuk mengganti seluruh pola makan dan jam makan agar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh benar benar sedikit dan diabetes dapat sepenuhnya dikontrol. Diet karbohidrat hanya mengijinkan penderita diabetes mengkonsumsi sebesar 25 % dari total karbohidrat yang dibutuhkan satu harinya. Begitu juga sumber karbohidrat yang dikonsumsi, karbohidrat yang masuk hanya berasal dari sup, sayur atau salad yang benar benar rendah kalori. Namun metode ini merupakan metode yang paling efektif untuk diabetes tipe 2.

3. Olahraga
Olahraga ringan seperti berenang dan jogging atau bersepeda merupakan olahraga yang paling cocok untuk penderita diabetes karena olahraga tersebut dapat secara efektif membakar kalori namun dalam batas aman. Olahraga harus dilakukan secara rutin karena jika malas berolahraga diabetes dapat muncul kembali.

Mengendalikan diabetes harus dilakukan secara rutin karena jika malas berolahraga dan makan tidak dijaga tentunya diabetes dapat langsung menyerang kembali dengan mudahnya.

Banner Paket Solusi Diabetes (RJT+BeeProp+Pollenergy)Untuk menjaga agar kondisi penderita diabetes tetap fit dan gula darahnya stabil, disarankan untuk konsumsi rutin ROYALE JELLY TABLET 3×1 tablet setiap hari, BEE PROPOLIS 3×1 tablet setiap hari dan POLLENERGY 1 tablet setiap pagi. Ketiga produk suplemen tersebut adalah suplemen perlebahan alami yang tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang.