Pentingnya Melakukan Pap-Smear atau Pap-Test

Posted on

Ahli kesehatan kelamin atau ginekologis sangat menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi baik pada wanita maupun pria, karena dengan menjaga kebersihan organ reproduksi maka kemampuan untuk melanjutkan keturunan dapat dilangsungkan.

Produk Herbal Perlebahan yang AMPUH Cegah & Atasi Berbagai Jenis Kanker

Produk Herbal Perlebahan yang AMPUH Cegah & Atasi Berbagai Jenis Kanker

Pada wanita banyak sekali bahaya baik penyakit maupun gangguan yang kerap mengganggu kesehatan organ reproduksi. Salah satunya seperti penyakit keputihan, kanker serviks, kista, dan penyakit tersebut terkadang tidak terdeteksi hingga pada suatu waktu terasa sakit yang sering kali sudah terlambat.

Pentingnya melakukan tindakan preventif secara berkala sering menyelamatkan penderita penyakit seperti kanker serviks yang berbahaya,tindakan preventif tersebut dilakukan untuk terus mengawasi kesehatan dari tahun ke tahun karena seiring dengan bertambahnya umur pada wanita maka gangguan kesehatan yang muncul akan semakin banyak.

Salah satu tindakan dini untuk mendeteksi gangguan pada organ reproduksi wanita adalah dengan melakukan pap-smear. Pap test atau pap-smear merupakan teknik dari dunia medis yang digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan pada organ reproduksi dengan mengambil sedikit dari sampel yang kemudian akan diteliti lebih lanjut untuk mengetahui adanya penyakit atau aktifitas bakteri hingga virus.

Pap-smear menjadi sangat penting karena pap smear sangat akurat dan dapat mendeteksi penyakit seperti kanker saluran kencing selain gangguan reproduksi. HPV atau human papillomavirus merupakan penyebab utama munculnya kanker serviks dan virus tersebut merupakan virus yang tidak akan terdeteksi jika tidak melakukan screening dengan pap smear sehingga hampir sebagian besar wanita tidak merasakan apapun hingga setelah terlambat atau kanker sudah mencapai fase yang membahayakan barulah penderita memeriksakan diri.

Tidak semua wanita membutuhkan pap smear karena wanita yang masih berusia muda dibawah 21 tahun tidak diperbolehkan oleh berbagai alasan kesehatan, sedangkan wanita berumur 21 hingga 30 disarankan untuk melakukan tes pap smear sekali setiap 2 tahun agar kesehatan tetap terjaga.

Wanita yang berumur 30 tahun ke atas disarankan untuk mengecek diri ke ginekologis dan berkonsultasi karena perbedaan kesehatan dan berbagai faktor lain yang membedakan kebutuhan pap smear setiap wanita.

Kinerja papsmear bukanlah ditujukan untuk mengetahui kanker serviks namun untuk mendeteksi adanya perubahan sel yang cenderung untuk menjadi sel kanker, dan kemudian akan digunakan sebagai pertimbangan dokter untuk mengobati dan mengatasi kanker.

Melakukan pap smear pada wanita dari waktu ke waktu sama pentingnya dengan general check up yaitu memeriksakan keadaan tubuh secara keseluruhan, sehingga dengan mendeteksi lebih dini perubahan dan gangguan sebelum menjadi parah akan membantu wanita untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan. Terkadang orang menghindari pap-smear karena dirasa kurang nyaman sehingga menghindarinya, namun pap smear harus tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan wanita.