Penyakit Degeneratif pada Wanita Menopause

Posted on

Sehat itu mahal, kiasan kata tersebut mungkin benar adanya karena untuk menjadi sehat membutuhkan biaya yang cukup banyak sehingga orang harus sadar akan betapa pentingnya kesehatan. Kesehatan manusia tidak hanya terdiri dan dibentuk oleh kesehatan fisik namun juga kesehatan jiwa. Orang yang merawat tubuhnya dengan baik maka kesehatannya akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan orang pada umumnya, seperti yang sering kita lihat seorang manula yang masih kuat berjalan dan masih lincah di usia 60 tahun ke atas rata rata adalah orang yang menjaga kesehatan tubuhnya di masa mudanya.

Saat muda memang penyakit masih jarang namun ketika memasuki usia kurang lebih 40 tahun ke atas penyakit akan mulai datang berbondong bondong mulai dari diabetes, jantung koroner, serta penyakit lain berbahaya lainnya. Penyakit penyakit yang bermunculan saat memasuki umur lanjut disebut sebagai penyakit degenerative. Baik pada pria maupun wanita penyakit degenerative memiliki persentase yang sama untuk muncul, tergantung dari cara orang merawat tubuhnya.

Penelitian membuktikan bahwa wanita yang masih datang bulan memiliki kemungkinan terserang penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya jauh lebih rendah dibandingkan pria, namun setelah memasuki masa menopause maka wanita akan memiliki resiko yang sama besar dengan pria. Hal ini terjadi karena wanita pada saat masa subur masih memiliki hormone yang stabil sehingga gangguan penyakit masih jarang ditemui, lalu alasan berikutnya adalah karena wanita mengganti darah mereka setiap bulan. Sama halnya dengan donor darah, dengan memproduksi darah baru setiap bulannya maka secara automatis darah pad wanita akan digantikan dengan darah yang masih baru.

Resiko terkena penyakit degenerative pada wanita menopause sangatlah tinggi, selain ketidakstabilan hormone wanita usia lanjut juga rentan penyakit jika tidak menjaga pola hidup dari masa mudanya. Penyakit degenerative yang mungkin muncul pada wanita menopause adalah:
1. Diabetes
Diabetes dapat muncul pada wanita menopause akibat dari kurangnya kinerja tubuh untuk mengolah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Diabetes dapat dihindari dengan mengkonsumsi makanan sehat rendah kalori dan mengurangi makanan manis.

2. Serangan jantung
Jantung koroner dapat muncul jika kandungan kolesterol pada tubuh tinggi sehingga salah satu saluran pada jantung dapat tersumbat oleh lemak yang menyebabkan gagal jantung. Mengubah menu makan, menghindari makanan berlemak dan berolahraga adalah cara efektif menghindari serangan jantung.

3. Arthritis
Menumpuknya kristal pada otot yang terjadi dan terakumulasi dapat menyebabkan peradangan otot sehingga menjadi nyeri sendi dan terkikisnya tulang terutama pada usia lanjut dimana pelumas pada tulang muda mulai habis.

4. Osteoporosis
Kekurangan kalsium dan vitamin K akibat gangguan pada menopause adalh penyebab osteoporosis. Mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium perlu di mulai sedini mungkin dan saat proses kehamilan karena osteoporosis dapat terjadi mulai proses kehamilan.

5. Glukoma
Glukoma adalah gangguan pada mata yang berjalan sedikit demi sedikit, meskipun lambat namun pasti glukoma dapat menyebabkan kebutaan. Gejala glukoma adalah kehilangan penglihatan secara bertahap dan harus segera dikonsultasikan ke dokter ahli mata.

Royale Jelly Liquid (Manfaat)

Minum 1 sendok takar royale jelly liquid setiap malam sebelum tidur SANGAT DIANJURKAN untuk wanita mulai usia awal 30 tahun untuk pencegahan berbagai penyakit degeneratif yang bisa muncul saat menopause.