Penyebab Anak Susah Makan

Posted on

Seringkali orang tua kewalahan ketika menghadapi anak mereka yang susah makan, para ibu khususnya menjadi terbeban karena takut akan nutrisi anaknya yang tidak terpenuhi, meski pada umumnya susah makan pada anak adalah hal yang wajar.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui perkembangannya adalah dari kesehatan dan tinggi badan anak. Jika anak sehat dan pertumbuhan badannya normal maka pertanda nutrisinya telah dipenuhi.

Susah makan pada anak paling umum terjadi pada umum 2 hingga 6 tahun. Kebanyakan dari anak yang susah makan tetap bertumbuh dengan normal dan sehat.
Dalam penelitian yang sudah dilakukan oleh ahli gizi, anak dari orang tua yang komplain bahwa anak mereka susah makan tetap tumbuh dengan tinggi dan berat badan dengan normal.
Terkadang memaksa anak makan makanan berlebih justru tidak mendatangkan manfaat baik bahkan sebaliknya.

Meskipun setiap hari orang tua berusaha memberi anak makan yang cukup, yang sebagian besar cukup membuat capek namun para orang tua khususnya ibu dapat bernafas lega karena ada alasan mengapa anak susah makan seperti:
1. Seiring dengan bertumbuhnya anak maka semakin tua usia anak akan semakin sedikit nutrisi yang dibutuhkan sehingga asupan yang masuk akan berkurang. Itulah sebabnya mengapa anak susah makan seiring bertambahnya usia.
2. Jika kondisi anak tidak dalam keadaan yang sehat maka akan sangat umum bagi anak untuk susah makan. Untuk hal ini orang tua tidak perlu bingung karena susah makan saat sakit akan hilang jika sudah sehat.
3. Porsi makan yang diberikan pada anak kecil tergantung setiap anak, ada anak yang mampu makan dalam porsi yang lebih banyak dari umumnya dan beberapa bahkan lebih sedikit. Dengan mengetahui porsi makan anak akan mempermudah anak menerima nutrisi yang dibutuhkan.
4. Jajan atau camilan sangatlah digemari oleh anak. Jika anak mengkonsumsi snack sebelum jam makan maka otomatis anak akan susah makan karena sudah kenyang.
5. Anak memilih makanan, hal ini wajar karena anak mulai dapat membedakan makanan yang ia sukai dan tidak ia sukai. Dengan demikian ia akan mengkonsumsi makanan yang ia mau dan menolak makanan yang tidak ia sukai dan akibatnya anak seolah susah makan.

Agar anak tidak susah makan maka orang tua perlu menciptakan suasana yang senang dan menarik bagi anak, karena sebagian besar orang tua memaksa anak mereka makan sehingga bagi anak makan menjadi ritual yang tidak menyenangkan.

Selain itu orang tua juga harus memberikan makanan yang memenuhi nutrisi yaitu 4 sehat 5 sempurna agar asupan yang masuk tetap dapat dijaga. Cara yang paling efektif namun membutuhkan kreasi adalah dengan menghias makanan anak, sebagian besar anak lebih tertarik pada penampilan makanan dibandingkan dengan rasa makanan. Dengan menghias makanan anak akan dengan sendirinya makan tanpa perlu dipaksa oleh orang tua, selain orang tua tidak perlu repot menyuruh anak makan anak pun juga tidak terbeban dengan makan. Selama susah makan pada anak tidak menimbulkan gangguan yang berarti maka orang tua tidak perlu cemas, periksakan ke dokter jika anak mengalami gangguan pada pertumbuhan dari tinggi maupun berat badan.

Suplemen TEPAT Untuk Anak Susah Makan. Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Suplemen TEPAT Untuk Anak Susah Makan. Info Lebih Lanjut Silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Berikan suplemen alami seperti HD Kids3 dan CLOVER HONEY untuk memperbaiki sistem pencernaan anak. Dengan sistem pencernaan yang baik, asupan nutrisi bisa terjadi secara maksimal dan anak akan menjadi sehat. Jika anak sehat maka nafsu makannya pun akan meningkat.